nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebiasaan-Kebiasaan yang Bisa Merusak Ginjal, Minum Soda Salah Satunya!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 31 Juli 2017 16:50 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 07 31 481 1747150 kebiasaan-kebiasaan-yang-bisa-merusak-ginjal-minum-soda-salah-satunya-bS1k4K7dYL.jpg Minuman soda bisa menyebabkan penyakit ginjal (Foto: Boldsky)

GINJAL adalah salah satu organ penting dalam membersihkan cairan tubuh, dan mengeluarkan zat beracun melalui urine. Karena itu, Anda perlu mencegahnya mengalami kerusakan, agar semua sistem dapat berfungsi dengan baik.

Beberapa kemungkinan tanda-tamda kerusakan atau kerusakan ginjal meliputi perubahan pola kemih, kelelahan berlebih, bau mulut, kulit kering, gatal, mual, pusing, dan berkeringat dingin. Penting menyadari kondisi ginjal dan memastikan kesehatannya. (Baca Juga: Waduh! Kecanduan Diet Soda Menyebabkan Batu Ginjal)

Ada beberapa kebiasaan tidak sehat yang mungkin Anda lakukan menyebabkan kerusakan ginjal. Berikut kebiasaan yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal seperti dilansir dari laman Boldsky, Senin (31/7/2017):

Konsumsi sodium

Konsumsi natrium yang berlebihan dapat meningkatkan tekanan darah melonjak dan menyebabkan kerusakan ginjal. Diet kaya sodium juga bisa menyebabkan terbentukan batu ginjal dan masalah kenciung serta mual. Inilah salah satu kebiasaan yang bisa merusak ginjal. (Baca Juga: 10 Fakta Bahaya Minuman Soda)

Konsumsi obat penghilang rasa sakit

Konsumsi obat penghilang rasa sakit non-steroid yang berkepanjang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Bahkan, bisa menyebabkan kegagalan total atau mematikan organ. (Baca Juga: Sering Minum Soda Bisa Sebabkan Kemandulan?)

Sering makan daging

Jika Anda memiliki kebiasaan mengonsumsi daging secara teratur, Anda sebenarnya bisa merusak ginjal. Daging kaya protein dan bisa menyebabkan pembentukan asam berlebih di dalam sistem. Hal ini dapat menyebabkan asidosis, di aman ginjal tidak akan bisa mengolah asam pada tingkat normal. Ini adalah kebiasaan buruk merusak ginjal yang paling sering sering terjadi.

Minum soda

Studi telah menemukan, ada korelasi langsung antara konsumsi soda dan masalah ginjal. Orang yang minum lebih dari 2 minuman soda sehari 30% lebih rentan terkena penyakit ginjal. (Baca Juga: Awas! Kecanduan Diet Soda Tingkatkan Risiko Stroke dan Penyakit Jantung)

Tidak minum cukup air

Tidak cukup minum air putih setiap hari bisa mengakibatkan kerusakan pada ginjal. Minum air yang cukup, biasanya 8 gelas sehari, membantu ginjal melakukan fungsinya dengan lebih baik, serta mendetoksifikasi racun.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini