Share

Biar Gula Darah Terkontrol, Penderita Diabetes Bisa Konsumsi Bawang Merah

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 01 Agustus 2017 06:10 WIB
https: img.okezone.com content 2017 07 31 481 1747339 biar-gula-darah-terkontrol-penderita-diabetes-bisa-konsumsi-bawang-merah-IBYJFFOC1Y.jpg Bawang merah (Foto: Thehealthsite)

BAWANG merah hampir selalu menjadi salah satu bumbu di setiap hidangan. Hal ini karena bawang merah menambah rasa sedap pada setiap hidangan. Tapi, tahukah Anda jika bawang merah juga memiliki manfaat bagi kesehatan?

Bawang merah memiliki manfaat gizi, karena mengandung beragam senyawa antioksidan. Kepala Ahli Diet, Fortis Hospital di Bangalore, Shalini Arvind, menjelaskan beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi bawang merah secara mentah yang dikutip dari Thehealthsite:

Bermanfaat untuk penderita diabetes

Dua senyawa fitokimia yang ditemukan di bawang merah, allium dan ally disulfide membantu mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat bagi penderita diabetes. (Baca Juga: Khasiat Menaruh Bawang Putih dalam Mulut Selama 30 Menit)

Mencegah penyakit kronis

Bawang merah memiliki senyawa flavonol dan polifenol yang sebenarnya lebih banyak daripada bawang putih dan sayuran jenis lainnya. Flavonol adalah senyawa bioaktif yang membantu mengurangi risiko penyakit kronis. (Baca Juga: Mantap! Makan Bawang Putih Mentah 2 Kali Seminggu Menurunkan Risiko Kanker Paru-Paru)

Menjaga kadar kolesterol terkendali

Konsumsi bawang merah membantu dalam menghambat oksidasi low-density lipoprotein, kolesterol jahat yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Seperti bawang putih, saat bawang merah diiris, mereka membentuk senyawa yang disebut alicin. Senyawa ini membantu menurunkan kolesterol LDL. (Baca Juga: Makan Bawang Mentah Bikin Produksi ASI Melimpah)

Meningkatkan sirkulasi darah

Konsumsi bawang merah membantu kesehatan sistem peredaran darah. Mengonsumsi bawang merah memperbaiki sirkulasi dan melebarkan pembuluh darah, yang membuatnya menjadi obat alami menurunkan tekanan darah tinggi. Bawang merah memiliki kandungan besi dan tembaga yang lebih tinggi, di mana pada akhirnya dapat meningkatkan sirkulasi di tubuh dengan merangsang produksi sel darah merah. (Baca Juga: Konsumsi Bawang Mentah Usir Berbagai Masalah Pencernaan)

Manfaat lain

Bawang merah juga mengandung Quercetin dan Kaempfenol, senyawa dengan sifat antioksidan. Quercetin flavonol telah terbukti mengurangi risiko kanker. Selanjutnya, bawang merah juga mengandung serat makanan, vitamin C, potasium, folat, vitamin A, vitamin B6 dan mangan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini