nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Heboh Rumor Ikan Tuna Palsu di Pasaran, Simak Tips Cerdas Membedakannya Kenali Warna Ikan

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Selasa 01 Agustus 2017 16:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 01 298 1747803 heboh-rumor-ikan-tuna-palsu-di-pasaran-simak-tips-cerdas-membedakannya-kenali-warna-ikan-4FYmheaeE6.jpg Ikan tuna palsu (Foto:Huffpost)

SEBAGAI salah satu ikan dengan kandungan nutrisi yang tinggi, wajar saja jika banyak pihak-pihat tak bertanggung jawab membuat ikan tuna tiruan demi meraup keuntungan. Beberapa waktu lalu beredar rumor yang menghebohkan seputar ikan tuna palsu, jangan sampai terjebak jadi yuk simak tipsnya.

Dilansir dari HuffingtonPost, Selasa (1/8/2017) sebuah kelompok pelestarian area laut menerbitkan sebuah laporan seputar kegiatan memalsukan ikan tuna. Ikan palsu ini adalah jenis ikan kakap merah yang kemudian diklaim dan dijual sebagai ikan tuna. Tentu saja kegiatan ini merugikan banyak orang dan masuk sebagai tindak kriminal penipuan.

BACA JUGA: VIDEO: Keren! Remaja Ini Tangkap Ikan Tuna Seberat 378 Kg

Kini peraturan pemasaran ikan memang sudah diperketat namun bukan tidak mungkin, ikan tuna palsu ini masih ditemui di supermarket, restoran sushi ataupun pasaran. Agar terhindar dari penipuan ini, cobalah simak tips cerdas membedakan antara tuna sungguhan dengan tuna tiruan.

Ikan tuna palsu ini bukanlah produk berbahaya karena merupakan ikan juga namun dari jenis yang berbeda. Tentu rasa dan kandungan nutrisinya akan berbeda, termasuk jumlah uang yang harus dikeluarkan. Jangan sampai Anda menderita kerugian karena kurang teliti.

BACA JUGA: Tertipu! Bukan Es Krim, yang di Dalam Cone Ini Ternyata Ikan Tuna

Harga jadi patokan utama

Ikan tuna termasuk jenis ikan yang harganya cukup tinggi. Jadi jangan langsung tergoda saat ikan tuna dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah daripada harga normalnya. Harga sebanding dengan kualitas ikan tuna, jika ikan tuna memiliki harga yang tinggi, maka ikan tuna juga berkualitas premium.

BACA JUGA: Ajaib! Sudah Dibelah Dua, Ikan Tuna Ini Masih Bergerak!

Warna ikan dan ciri fisiknya

Setelah melihat harganya, cobalah perhatikan warna daging ikan. Tuna segar memiliki daging berwarna merah gelap. Semakin segar ikan tuna maka semakin mengilap juga permukaan dagingnya. Perhatikan juga teksturnya, daging yang padat namun kenyal menandakan ikan segar maksimal.

Tanya dari mana ikan berasal

Adakan komunikasi denga pedagang, cobalah lemparkan pertanyaan seputar asal usul ikan. Misalnya dengan menanyakan, dari mana ikan berasal atau kapan ikan didapatkan sebelum dijual. Dari sini Anda bisa menyimpulkan, jika ikan didapat dari perairan yang bukan habitat ikan tuna maka Anda patut curiga dan beralihlah ke pedagang lain.

BACA JUGA: Nih Cara Ikan Tuna Bisa Terbang Mirip Jet Tempur

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini