Share

5 Kunci Kelezatan Semur, Masak Api Kecil Salah Satunya

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Rabu 02 Agustus 2017 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 01 298 1747828 5-kunci-kelezatan-semur-masak-api-kecil-salah-satunya-Wtuzeg7cBU.png Tips memasak semur (Foto:Royco)

BAGI para pencinta kuliner nusantara pasti tidak asing lagi dengan hidangan yang satu ini. Yup! Berdasarkan sejarahnya, semur merupakan salah satu makanan asli Indonesia yang telah ada sejak zaman kolonial. Ciri khas semur sendiri terletak pada tekstur dagingnya yang empuk, dengan balutan bumbu kecap manis yang menggugah selera.

Meski termasuk kuliner legendaris, ternyata masih banyak yang belum mengetahui cara mengolah semur yang tepat. Salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan adalah tidak mengolah bumbu dengan baik dan benar, sehingga semur terasa hambar.

BACA JUGA: COOKING GADGET: Wajib Tahu! 7 Alat Sederhana yang Diperlukan untuk Masak Semur Enak!

Untuk menghindari hal tersebut, yuk simak 5 tips dan trik ampuh mengolah sempur yang lezat, sebagaimana dilansir Okezone dari berbagai sumber, Rabu (/8/2017).

Pilih bahan yang tepat

Selain daging sapi, ada banyak sekali bahan makanan yang dapat Anda olah menjadi sajian semur yang lezat seperti daging ayam, telur, tahu, tempe, hingga jengkol. Bahan-bahan tersebut tentunya memiliki teknik pengolahan khusus sesuai dengan karakter masing-masing. Jika Anda ingin membuat semur daging sapi, potong dengan ukuran sedang dalam arti lain tidak terlalu tebal atau tipis.

Lalu rebus hingga empuk, tiriskan. Kalau ingin menggunakan jengkol, pilihlah jengkol tua yang memiliki tekstur lembut. Kemudian rendam dalam air beras semalam agar aroma menyengatnya berkurang. Apabila ingin membuat olahan semur ayam, telur, tahu, dan tempe, sebaiknya goreng bahan-bahan tersebut hingga kulitnya agak kering dan kecokelatan. Ini akan membuat bumbu semur dapat meresap dengan mudah.

Haluskan bumbu

BACA JUGA: Tusuk Daging Semur dengan Garpu agar Empuk dan Bumbu Lebih Meresap

Untuk membuat olahan semur yang lezat, Anda harus menggunakan sejumlah bumbu dasar dan rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, jahe, lengkuas, kapulaga, serai, kayu manis, daun salam, dan masih banyak lagi. Untuk bawang-bawangan, Anda bisa menghaluskannya dengan blender atau food processor agar lebih mudah meresap. Sedangkan untuk bumbu rempah seperti jahe, lengkuas, dan serai, Anda hanya perlu menggepreknya untuk mengeluarkan aroma dan rasanya yang khas. Sisa bumbu bisa langsung ditumis dengan tambahan kecap manis.

Tumis bumbu hingga wangi dan layu

 

Sebelum mencampurkan bumbu dengan bahan semur, sebaiknya bumbu di tumis terlebih dahulu. Caranya, masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan digeprek, tambahkan air, dan kecap. Lalu panaskan sedikit minyak dan tumis bumbu hingga matang dan berubah agak gelap.

Tambahkan air secara bertahap

BACA JUGA: FOOD STORY: Kupas Tuntas Rahasia Kelezatan si Hitam Manis Semur, Keharuman Bumbu saat Ditumis Jadi Modal Utama

Setelah bumbu matang dan tercium aroma wanginya, masukkanlah air, dan bahan semur secara bertahap. Jika Anda suka kuah yang kental, masukkan air sedikit demi sedikit. Ketika bumbu sudah mulai mengering, segera tambahkan setengah takaran bersama bahan dan kecap.

Masak dengan api kecil

Hal terpenting yang harus Anda ingat saat mengolah semur adalah menggunakan api kecil. Tujuannya agar air tidak cepat menguap, dan bumbu pun dapa menyerap secara sempurna. Apabila Anda menyukai semua berwarna gerap dan bercita rasa manis, jangan sungkan untuk menambahkan kecap manis. Namun, tetap seimbangkan takaran kecap dengan takaran garam agar semur olahan Anda terasa nikmat dan menggugah selera.

BACA JUGA: RESEP NENEK: 3 Kreasi Semur dari Pulau Kalimantan, dari Semur Pontianak hingga Semur Banjarmasin

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini