nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

COOKING GADGET: Pisau Sampai Tutup Panci, Deretan Alat Masak yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Dishwasher

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 02 Agustus 2017 05:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 01 298 1747971 cooking-gadget-pisau-sampai-tutup-panci-deretan-alat-masak-yang-tidak-boleh-dicuci-dengan-mesin-dishwasher-JzfxaLjnQn.jpg Pisau (Foto: Mashed)

DENGAN kepadatan aktivitas sehari-hari, seringkali memang kita merasa enggan alias malas untuk sekedar mencuci piring ketika usai bersantap atau memasak di rumah.

Maka dari itu, tidak heran banyak orang sangat merasa tertolong dengan kehadiran mesin pencuci piring otomatis atau biasa disebut dishwasher. Karena dengan mesin berbentuk kotak segi empat satu ini, kegiatan mencuci segala peralatan makan dan masak akan jauh lebih mudah karena akan menghemat waktu dan tenaga.

Akan tetapi, banyak orang awam yang tidak terlalu paham bahwasanya ada beberapa peralatan dapur yang tidak boleh ditaruh di dalam mesin ini. Nah, agar tidak keliru dan mengulangi kesalahan yang sama kembali. Ketahui dulu yuk, apa saja peralatan dapur yang tidak boleh disimpan di dalam dishwasher, dalam ulasannya di bawah ini.

(BACA JUGA: COOKING GADGET: 4 Alat Unik Ini Sebaiknya Dimiliki Pencinta Olahan Telur, Cetakan Telur Goreng Paling Penting)

Pisau 

Set pisau stainless steel yang dibeli dengan harga yang tidak murah, tentunya akan sayang sekali jika harus rusak karena salah lokasi penempatan yakni dengan disimpan di dalam dishwasher. Pisau menjadi salah satu peralatan dapur yang tidak boleh masuk ke dalam mesin ini, karena semakin sering dicuci dan terkena basah di dalam mesin dishwasher maka akan membuat pisau menjadi tumpul lalu rusak dalam waktu yang tidak lama.

Tutup panci presto 

Hindari kebiasaan untuk menaruh tutup panci presto di dalam mesin dishwasher, karena ketika tutup panci presto atau pressure cooker lid ini masuk ke dalam mesin maka partikel-partikel kecil makanan bisa masuk ke dalam katup pengaman. Sebaiknya, cuci tutup panci presto dengan cara direndam dengan air hangat dan sabun lalu disimpan di tempat terpisah dengan wadah panci.

(BACA JUGA: COOKING GADGET: 4 Penemuan Paling Aneh dari Jepang untuk Mudahkan Makan, Salah Satunya Sumpit Kipas Angin)

Peralatan kayu 

Peralatan kayu di sini maksudnya ialah, mulai dari peralatan makan seperti sendok-garpu, sendok untuk memasak, hingga talenan alias cutting board. Peralatan-peralatan jenis ini kerap terkena kontak dengan bakteri dari banyak bahan makanan, jika ditempatkan di dalam dishwasher yang tertutup hanya akan meningkatkan resiko pertumbuhan bakteri semakin meningkat. Selain itu juga meningkatkan resiko bahan material kayu akan rapuh dan akhirnya retak.

Panci besi 

Peralatan memasak satu ini, hadir dengan kondisi yang rentan tergores. Ini juga lah yang membuat panci besi akan semakin mudah rusak jika ditempatkan di dalam mesin dishwasher. Jadi sebaiknya, alih-alih mencuci ‘instan’ di dalam mesin maka panci besi dibersihkan dengan cara cuci manual dengan tangan.

(BACA JUGA: COOKING GADGET: Rutin Mengasah Pisau agar Tak Menyulitkan Anda saat Memasak!)

Parutan keju 

Sisa-sisa parutan keju yang terkadang tersangkut pada alat parutan keju, disebutkan akan sulit bisa terangkat dengan sempurna jika hanya dicuci dengan cara dimasukkan ke dalam mesin dishwasher. Untuk mencuci alat satu ini, dianjurklan langsung dengan menggunakan tangan dan air sabun, dengan cara digosok-gosok di setiap lubangnya untuk memastikan tidak ada sisa keju yang masih tertinggal. Demikian sebagaimana dilansir Mashed, Rabu (2/8/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini