Share

Wah, Cara Membuat Mashed Potato Selama Ini Keliru?

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 02 Agustus 2017 07:18 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 01 298 1748018 wah-cara-membuat-mashed-potato-selama-ini-keliru-8CCtSyua62.jpg Mshd potato (Foto: NYTCooking)

MASHED potato atau kentang tumbuk, biasanya jadi menu pendamping untuk sajian steak. Akan tetapi, banyak juga yang tidak asing mengonsumsi kentang tumbuk sebagai pengganti sumber asupan karbohidrat pengganti nasi ataupun mie.

Mudah dibuat, punya cita rasa gurih, dan tampilan yang creamy nan menggugah selera mungkin jadi alasan banyak orang untuk memilih mashed potato sebagai salah satu menu makanan favorit.

 (BACA JUGA: 3 Kesalahan Fatal saat Bikin Mashed Potato)

Cara pembuatan mashed potato selama ini, familiar dengan tahapan cara yakni merebus kentang lalu setelah matang maka kentang rebus tinggal dihancurkan ditumbuk halus lalu diaduk bersama butter, susu, dan bumbu perasa agar keluar cita rasa creamy sekaligus gurih. Namun tahukah Anda, bahwa ternyata cara klasik di atas adalah metode yang keliru dalam pembuatan mashed potato?

Setidaknya, itulah pendapat dari chef, Tyler Florence sebagai chef dari Food Network. Sebagaimana dikutip Metro, Selasa (1/8/2017) Tyler mengemukakan bahwa cara yang lebih tepat untuk membuat mashed potato ialah dengan merebus kentang bersamaan dengan susu dan bahan-bahan pendukung lainnya sejak awal, bukan dicampur terpisah seperti biasanya.

“Kentang adalah bahan makanan yang sangat lembut, dan mengandung zat mineral sebagai perasa kentang itu sendiri. Di mana ketika kentang ini dimasak di dalam air, lalu kemudian air rebusan tersebut ditiriskan maka secara otomatis rasa alami dalam kentang itu juga akan ikut larut terbuang,” ungkap Tyler saat diwawancara Popsugar, belum lama ini.

Maka dari itu, Tyler mencoba cara lain yakni dengan merebus kentang bersamaan dengan butter dan juga susu.

“Intinya, dalam mashed potato kita akan menggunakan susu dan butter kan? Maka dari itu aku langsung saja memasukkan susu dan butter ke dalam potongan-potongan kentang (yang sudah dikupas kulitnya) yang sedang direbus, jadi kentang tersebut matang bersama sekaligus dengan krim susu, minyak zaitun dan butter. Rebus selama 20 menit,” tambahnya.

 (BACA JUGA: Ternyata, Mashed Potato Makin Lezat dengan Rempah Ini)

Setelah itu, baru tiriskan kentang lalu masukkan kentang ke dalam wadah mangkuk. Tumbuktumbuk hancurkan kentang hinggah halus, kemudian campurkan dengan cairan krim hasil dari rebusan kentang tersebut sambil terus diaduk. Voila! mashed potato yang creamy dan gurih standar ala chef siap disajikan hangat-hangat.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini