nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan Punya Harga Fantastis Lho! Totalnya Mencapai Rp90 Miliar

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 01 Agustus 2017 11:33 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 01 406 1747582 lukisan-koleksi-istana-kepresidenan-punya-harga-fantastis-lho-totalnya-mencapai-rp90-miliar-KeBwKCpdUT.jpg Pameran Lukisan Koleksi Istana (foto: Antara)

MENUJU hari Kemerdekaan Republik Indonesia telah hadir pameran Lukisan Koleksi Istana Kepresidenan yang ditampilkan di Galeri Nasional selama 1 bulan penuh. Karyanya pun sungguh luar biasa dan memiliki harga fantastis.

Bagi pencinta karya seni, semua koleksi yang ditampillkan juga unik, sebab ada beberapa yang berasal dari abad ke-18 di Indonesia. Tentu saja ini menjadi ajang bertemu para kolektor seni baik lokal mau pun di dunia.

Pameran Lukisan Koleksi Istana (foto: Antara)

Karya yang ditampilakan juga mewakili kekayaan nusantara berfokus pada keindahan alam serta budaya dengan tajuk "Senandung Ibu Pertiwi". Seluruh koleksi ini berasal dari lukisan-lukisan yang biasanya dipajang di beberapa Istana Kepresidenan Indonesia.

(Baca Juga: Kebun Rempah Jadi Objek Wisata, Sejuta Rasa Indonesia Bisa Dinikmati di Belanda)

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (1/8/2017), jumlah karya yang ditampilkan mencapai 48 buah dari 41 seniman. Dan, harga dari semua lukisan unik serta antik di sini menembus angka hingga Rp90 miliar. Tentunya ini dikarenakan koleksi antik yang dihadirkan.

Dari 48 lukisan terdapat lukisan hasil tangan dingin seorang seniman agung di zaman Belanda yakni Raden Saleh. Karyanya begitu menyita banyak antusiasme pengunjung dan juga kolektor karena keindahan ukiran manis yang dituangkan di atas kanvas.

(Baca Juga: Daftar Negara yang Masyarakatnya Hobi Jalan Kaki Sampai yang Paling Malas Jalan)

Pameran Lukisan Koleksi Istana (foto: Antara)

Lukisan bertema Harimau Minum. Lukisan yang menggambarkan kekayaan alam Indonesia, bisa dilihat dari ketegasan garis cat hijau yang membentuk gambar pohon di hutan hujan. Di bawahnya terdapat harimau yang tengah meminum air di tengah gelapnya hutan. Cahaya matahari terlihat menyinari tubuh si kucing besar tersebut.

(Baca Juga: Situs Kuno Bertuliskan La Ilaha Illallah Ditemukan Dekat Laut Merah)

Karya inilah yang paling menarik seribu pasang mata meski pun ada sekira enam lukisan Raden Saleh yang dipajang. Lukisan berukuran 160x116 sentimeter itu dipatok dengan harga Rp2.9 miliar.

Selain lukisan Harimau Minum, ada juga lukisan antik lainnya hasil tangan dingin seniman Basoeki Abdullah yang hidup setelah era Raden Saleh. Lukisan dengan tajuk Nyai Roro Kidul ini memang melukiskan legenda magis yang sudah terkenal di seluruh Indonesia tentang penguasa Pantai Selatan.

Pameran Lukisan Koleksi Istana (foto: Antara)

Kecantikan Nyai Roro Kidul begitu tersampaikan ketika melihat lukisan tersebut. Dalam lukisan, ia menggunakan busana kebaya berwarna hijau persis sama dengan yang selama ini masyarakat deskripsikan. Besarnya kekuatan Nyai juga dilukiskan dengan apik yang terlihat dari awan gelap dalam lukisan.

(Baca Juga: Fakta Unik! Kota "100 Tenda" di Amerika Serikat yang Didirikan Tunawisma)

Di balik lukisan Nyai Roro Kidul tersebut tersimpan cerita jika semasa hidup Basoeki yang pernah bertemu langsung dengan sosok legendaris tersebut. Ia pun pernah datang ke kamar 308 tempat keramat yang dipersembahkan untuk Nyai Roro Kidul.

Tak hanya dua lukisan itu saja yang banyak menarik pengunjung. Lukisan seni modern bercampur kontemporer pun bisa dinikmati. Bagi Anda yang tidak suka seni, kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk berfoto ria di media sosial.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini