nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Fakta Suku-Suku yang Hidup di Pelosok, Bikin Berurai Air Mata

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 02 Agustus 2017 08:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 01 406 1747934 fakta-suku-suku-yang-hidup-di-pelosok-bikin-berurai-air-mata-2V4fBpuGcp.jpg Suku yang Terisolir di Amazon (foto: Guilherme Gnipper Trevisan/Hatukara)

DI dunia yang kita tinggali ini, ada banyak suku bangsa dan ras yang menghuni bumi. Suku-suku bangsa tersebut ada juga yang mendiami bagian bumi yang tidak pernah terjamah warga kota.

Sehingga kehidupan suku-suku itu masih sangat tradisional dan primitif. Tidaklah heran dengan kondisi atau keadaan yang belum maju tersebut, sebab mereka hidup dipelosok, jauh dari perkotaan dan tidak terkontaminasi oleh kemajuan teknologi.

(Baca Juga: Kenali Suku Asli Siberia yang Tahan dengan Suhu Minus 50 Derajat Celsius)

Salah satu suku yang masih sederhana dalam menjalani kehidupan dan tinggal di pelosok ialah Suku Indian. Pada 1996, penduduk desa di negara bagian Acre, Brasil melaporkan melihat penampakan Suku Indian, yang diduga datang untuk mencuri hasil panen, kapak dan parang. Mereka datang lalu menakut-nakuti wanita dan anak-anak dengan menirukan suara monyet.

Suku Asli Pedalaman yang Terisolasi di Amazon (foto: Funai)

Dengan bantuan penerjemah yang berbicara bahasa Panoan, orang Indian Acre menjelaskan mereka telah diserang oleh kekerasan dan orang dari luar telah mengusir mereka dari hutan. Tidak hanya itu saja, mereka juga mengatakan tokoh masyarakat mereka dibantai dan rumah-rumah pun dibakar.

(Baca Juga: Hiii,,,Gua Candelaria Jadi Pintu Menuju "Neraka" bagi Suku Maya)

“Mereka tahu lebih jauh tentang dunia luar daripada yang dipikirkan sebagian besar orang,” ucap Fiona Watson, direktur riset Survival International, sebagaimana yang dilansir dari BBC, Rabu (2/8/2017).

Tanpa kita sadari, suku yang selama ini hanya menetap dan menghuni daerah terpencil serta terpelosok ternyata memiliki pengetahuan soal dunia luar lebih banyak. Hal tersebut juga dituturkan oleh Alex Golub, Antropolog University of Hawaii.

(Baca Juga:  3 Tradisi Unik Membuat Wajah Suku Pedalaman Cantik, dari Tato Wajah hingga Rambut Tanduk)

“Hampir semua komunitas manusia saling berhubungan satu sama lain selama sejarah yang mencatat di ilmu arkeologi,” ujar Alex Golub.

Suku Sentinel (foto: indian coastguard-survival international)

Fakta-fakta lainnya mengenai suku-suku terdalam seperti Suku Sentinelese contohnya, pada abad-abad lalu anggota suku sering dibunuh dan diperbudak oleh orang luar. Beberapa orang yang berasal dari suku pedalaman, memiliki kenangan pribadi akan pertemuan traumatis dengan orang luar.

(Baca Juga: 3 Ritual Pernikahan "Nyeleneh" di Dunia yang Bikin Geleng-Geleng Kepala)

Trauma ini juga ternyata tanpa kita sadari telah tertanam dalam benak mereka, karena ketika ditemukan pada 1996 salah satu anggota suku menembakan anak panah ke arah siapa saja yang berani mendekati rumahnya. Ia bertindak seperti ini, karena dimasa lalu kemungkinan besar pengikutnya telah dibunuh.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini