nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Cacat Kelainan Bawaan Akibat Rubella, Menkes Imbau untuk Lakukan Imunisasi MR

Prabowo, Jurnalis · Selasa 01 Agustus 2017 12:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 01 481 1747607 cegah-cacat-kelainan-bawaan-akibat-rubella-menkes-imbau-untuk-lakukan-imunisasi-mr-geMQSoDwiX.jpg Ilustrasi (Foto: Stayhomemum)

YOGYAKARTA - Pemerintah berupaya mengendalikan penyakit campak dan rubella serta cacat bawaan akibat rubella hingga tahun 2020. Langkah yang ditempuh dengan memberi imunisasi Measiess Rubella (MR) untuk anak 9 bulan hingga 15 tahun.

Menteri Kesehatan dr Nila F Moeloek mengatakan pemberian imunisasi itu untuk mengendalikan kedua penyakit tersebut. Hidup sehat merupakan hak anak-anak sehingga pemerintah berjanji memberi imunisasi itu pada anak. (Baca Juga: Cegah Campak dan Rubella, Ayo Bawa Anak Suntik Vaksin MR Agustus Nanti, Gratis!)

"Imunisasi MR itu diberikan untuk melindungi anak dari penyakit kelainan bawaan, seperti gangguan pendengaran, penglihatan, kelainan jantung, dan retardasi mental yang disebabkan adanya infeksi rubella saat kehamilan," katanya di Madrasyah Tsanawiah Negeri 10 Sleman, DI Yogyakarta, Selasa (1/8/2017).

Pemberian imunisasi ini dilakukan dalam dua bulan, yakni bulan Agustus dan September tahun ini di Pulau Jawa. Sementara tahun depan di bulan yang sama dilakukan diseluruh provinsi luar Pulau Jawa. (Baca Juga: Apa Bedanya Penyakit Roseola, Campak dan Rubella?)

"Kita target 95% anak Indonesia diimunisasi MR agar eliminasi campak dan pengendalian rubella terwujud pada tahun 2020," tandasnya.

Tahap awal ini, pemerintah melakukan pencanangan nasional kampanye dan introduksi di sekolah yang berada di Jalan Kaliurang, Sleman ini. Keberhasilan kampanye ini harus mendapat dukungan seluruh masyarakat. (Baca Juga: Cegah Anak Lahir Cacat, Perempuan Hamil Harus Imunisasi Rubella)

Tahun ini, lanjutnya, sebanyak 6 provinsi, 119 kabupaten kota dan 3.579 puskesmas akan melaksanakan kampanye. Sebanyak 34.964.383 anak akan diberi imunisasi MR. (Baca Juga: Waspada Penyakit Rubella, Jangan Lupa Bawa Anak Anda Imunisasi MR di Bulan Agustus)

Campak merupakan penyakit menular pada manusia, kebanyakan anak-anak. Penyakit ini sama bahayanya dengan rubella yang menjadi ancaman serius.

Jika tertular di masa awal kehamilan, dapat mengakibatkan cacat bawaan sejak lahir pada otak, jantung, mata dan telingga. Penyakit ini dapat dicegah sejak dini dengan efektif dan aman dengan pemberian imunisasi.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini