Rahasia Panjang Umur 5 Manusia Berusia 100 Tahun, Makan Ikan Asin & 3 Butir Telur Mentah!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 01 Agustus 2017 13:31 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 01 481 1747668 rahasia-panjang-umur-5-manusia-berusia-100-tahun-makan-ikan-asin-3-butir-telur-mentah-vo8zFKE8a8.png Misao Okawa berusia 117 tahun (Foto: Allcuteallthetime)

USIA rata-rata manusia diprediksi hanya sekitar 65 tahun saja. Namun, penelitian terus dilakukan untuk mencari tahu batas maksimal usia manusia. Bahkan, penelitian terbaru menyatakan tidak ada batasan usia.

Tapi, mungkin kah itu? Bisa saja! Jika mengacu pada perbaikan gizi manusia yang terus berkembang, manusia berusia 100 tahun saja sudah semakin banyak belakangan ini. Pada usianya itu, banyak juga dari mereka yang masih memiliki tubuh yang sehat. Percaya atau tidak, begitulah faktanya sekarang ini. (Baca Juga: Makan Bubur Setiap Hari, Rahasia Keluarga Paling Panjang Umur di Dunia)

Lalu, apa saja, ya, yang dikonsumsi manusia berusia 100 tahun di usianya? Dilansir dari All Cute All The Time, berikut 5 makanan yang mereka konsumsi

1. 3 Butir Telur Mentah

Panganan ini dikonsumsi manusia tertua, Emma Morano. Usianya sekarang sudah 117 tahun dan masih sehat. Dia menjelaskan, makanan setiap harinya yang tidak boleh terlupakan adalah tiga butir telur mentah. Selain itu, Emma juga gemar mengonsumsi pisang, ladyfingers, dan brendi. "Tapi saya tidak makan banyak, giginya udah nggak ada," katanya. (Baca Juga: 4 Rahasia Panjang Umur yang Wajib Anda Tahu)

2. Ikan Asin

Heran? Jangan! Karena itu yang dimakan Yisrael Kristal di usianya yang mencapai 113 tahun. Menurut dia pada New York Times, dirinya makan untuk hidup bukan hidup untuk makan. Dengan prinsip itu juga, pemilik toko permen itu menjalani hidup sedehana. Ikan asin menjadi makanan setiap harinya. Sesekali juga Kristal mengonsumsi minuman anggur dan bir. Mantab! (Baca Juga: Tidak Hanya Fit, Gaya Hidup Sehat Memperpanjang Usia hingga 7 Tahun)

3. Daging Asap

Siapa sangka, mereka yang berusia 100 tahun ke atas masih bisa menikmati daging asap. Begitulah yang dilakukan Susannah Mushatt Jones. Di usianya yang sudah 116 tahun, ternyata daging asap menjadi makanan sarapannya. Tak hanya itu, dia juga menambahkan telur dan bubur jagung sebagai pendamping daging.

"Saya tidak pernah minum alkohol atau merokok," katanya. "Saya hidup penuh dengan cinta dan energi positif. Itulah kunci kehidupan dan kebahagiaan yang panjang."

4. Oatmel

Panganan lembut ini memang banyak dikonsumsi lansia. Begitu juga dengan Adele Dunlap. Usianya sudan 113 tahun, tapi perempuan yang tinggal di New Jersey itu ternyata mengonsumsi semua makanan yang dia mau. Tak terkecuali oatmel. Namun, jangan heran, lansia ini masih mengonsumsi martini bersama suaminya, lho. "Mama tidak pernah jogging atau semacamnya. Bahkan, dia masih merokok," kata anaknya pada USA Today. (Baca Juga: Peneliti Ungkap Rahasia Panjang Umur, Resepnya Sederhana, Positive Thinking)

5. Sushi

Makanan khas Negeri sakura itu ternyata menjadi makanan favorit Misao Okawa. Sampai akhir usianya yang ke-117, Misao rutin mengonsumsi makanan ini. Terkhusus makarel dengan nasi cuka. Selain makanan itu, Misao juga menjaga kesehatan tubuhnya dengan menjalani kehidupan dengan positif. Pada The Guardian, dia sempat berkata, "Anda harus belajar untuk rileks. Selain itu, tidur yang cukup pun sangat penting."

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini