nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalau Pakai Hati, Hal Sepele yang Dilakukan Ibu Berdampak Luar Biasa

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 02 Agustus 2017 12:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 02 196 1748326 kalau-pakai-hati-hal-sepele-yang-dilakukan-ibu-berdampak-luar-biasa-g7pjnuKxs8.jpg Ilustrasi (Foto: Parents)

SULIT bagi seorang ibu menilai dan menghargai diri mereka. Padahal, semua yang mereka lakukan adalah karya dari hati yang memberi dampak besar bagi anak.

Oleh sebab itu, mulai saat ini jangan ragu lagi moms, kerjakan semua dari hati lalu lihat dampaknya. Anda akan melihat perbedaan besar bagi diri sendiri dan anak. Seperti dilansir Popsugar, Rabu (2/7/2017) inilah beberapa hal sepele yang tanpa para ibu sadari berdampak besar bagi lingkungan sekitar mereka.

Baca Juga: Anak Alami Kesulitan Bersosialisasi, Yuk Buat Mereka Nyaman Bergaul di Luar

Permainan berpura-pura

Anak-anak Anda punya buku-buku dan peralatan bermain? Nah, ini bisa jadi kekuatan untuk memberi permainan bernilai edukasi kepada anak. Menurut studi di Jepang, bermain boneka, perpustakaan mainan, atau main 'jika aku menjadi', dapat memberi stimulasi kepada anak bagimana mengelola perpustakaan, menyayangi binatang pakai boneka, atau berimajinasi dari buku bacaan. Secara tidak langsung anak merasakan seperti nyata. Stimulasi seperti ini memberi kemudahan kepada anak karena mereka merasakan pengalaman langsung.

Baca Juga: Anak Jadi Tukang Gosip & Berkata Buruk? Perhatikan Teman Sekolahnya Moms!

Memeluk anak

Hal yang satu ini mungkin bertentangan dari yang orang-orang katakan, bahwa memeluk anak sama juga membuat mereka manja. Tidak moms, itu hanya mitos. Penelitian terbaru yang mensurvei lebih dari 600 orang dewasa menemukan, sentuhan fisik ekstra dari orangtua semasa kecil meminimalisir rasa cemas pada anak, saat mereka dewasa.

Liburan bersama

Tidak perlu pergi jauh atau liburan mewah, kata penulis studi John McDonald yang juga Direktur Asosiasi Liburan Keluarga di Inggris, tamasya bersama anak memberi kesejahteraan emosional. Penelitian menemukan bahwa anak-anak akan lebih mudah melewati masa-masa sulit. Tambahan lainnya, anak mampu menghadapi masalah dengan hati tenang.

Baca Juga: Moms, Beri Pengertian pada Anak Pelaku Bully dan Bijaksanalah!

Perhatian kecil

Mengirim chat "Selamat tidur" setiap malam, mengusahakan memenuhi kebutuhannya, atau memasakkan telur saat anak lapar, dapat membentuk hubungan sehat antara anak dan ibu. Hal tersebut diungkap oleh Meghan Wall seorang psikolog di Wilmington. Cara ini juga menurunkan risiko anak terjebak narkoba saat remaja.

Baca Juga: Tips Parenting agar Anak Tumbuh Jadi Sosok Tangguh & "Tahan Banting"

Selfie

Ber-selfie ria atau bermain filter Snapchat, berarti Anda dan si buah hati menangkap momen kecil berbalut kebahagiaan. Senyum bersama saat foto berarti menciptakan momen dan kenangan positif. Menurut penelitian psikologi sejahtera, cara ini memberi manfaat terbaik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini