nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Harus Fokus! Ajarkan Anak Bersenang-senang dengan Metode Membaca sambil Bermain

Vessy Frizona, Jurnalis · Rabu 02 Agustus 2017 19:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 02 196 1748654 tak-harus-fokus-ajarkan-anak-bersenang-senang-dengan-metode-membaca-sambil-bermain-pX83MxQzNz.jpg Anak Membaca (Foto: Parents)

MENDORONG anak gemar membaca bukan berarti menjadikannya seorang kutu buku. Hanya saja agar anak tertarik dengan berbagai hal dan menambah pengetahuan mereka di luar pelajaran sekolah.

Biasanya saat musim panas, anak malas membaca karena mereka lebih suka bermain di luar. Padahal, ini adalah cara terbaik untuk menjadikan baca sesuatu yang menyenangkan. Jika anak menolak membaca coba lakukan beberapa hal berikut ini, seperti dilansir Parents, Rabu (2/8/2017).  

Baca Juga: AWAS!! Bahaya Gawai pada Anak Ancam Perkembangan Sosialnya

Sandingkan passion-nya dengan prosa

"Anak yang tidak suka membaca bisa terpikat pada buku-buku tentang bidang yang mereka suka," kata Pamela Farris, Ph.D., profesor Emeritus Sastra di Illinois State University yang seorang pensiunan guru sekolah dasar. "Saya pernah mengajar anak kelas lima yang berjuang sampai dia memeriksa buku-buku tentang ular di perpustakaan." Cobalah beberapa judul baru yang sesuai dengan minat anak-anak. Kemudian minta mereka memberi tahu kembali fakta dalam buku-buku tersebut.

Baca Juga: Anak Alami Kesulitan Bersosialisasi, Yuk Buat Mereka Nyaman Bergaul di Luar

Melaksanakan anjuran rutinitas dari sekolah

"Selama beberapa tahun terakhir, guru di sekolah mewajibkan membaca selama 15 menit setiap malam," kata Juli Hale seorang guru dari Florence, Kentucky. Hale mengatakan bahwa putrinya juga berusia 8 tahun. Jadi setiap malam dengan cuaca yang menyenangkan, ia mengajak sang putri membaca buku 15 menit sebelum tidur. Dalam waktu singkat tersebut setidaknya satu bab selesai dibaca.

Baca Juga: Moms Suka Menjemur Bayi di Pagi Hari? Ingat, Jangan Ditutupi dengan Kain

Jelajahi format yang berbeda

"Novel grafis populer untuk anak laki-laki dan perempuan seusiai," kata Elizabeth Bird, pakar dunia remaja di New York Public Library dan ibu dua anak.".Anda mungkin berpikir itu mudah dibaca, tapi banyak yang memiliki koleksi kosa kata dan kompleks dan rumit." Sehingga menjadi pilihan bagus. Selain itu, buku-buku tentang hewan mudah menarik minat anak-anak," '" Kata Dr. Farris penerbit National Geographic Kids, Time for Kids, dan Scholastic. Disarankan agar anak menyusun daftar bidang favoritnya dan kemudian membacakan untuk adik-adik atau anak-anak tetangga agar lebih menyenangkan. Dia bahkan bisa berpura-pura membacanya dengan suara penyiar radio. "

Baca Juga: Moms Sekali-kali Ajarkan Anak Perempuan Anda Sikap Ini! Kelak Akan Tumbuh Mandiri

Kefasihan membaca bukan hanya tentang tidak tersandung pada kata-kata - ini juga tentang prosodi, membaca kata-kata dengan emosi," kata Michelle Primerano, dari Nazareth, Pennsylvania, yang merupakan seorang spesialis membaca sekolah dasar selama enam tahun.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini