nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cara Gordon Ramsay Bikin Scrambled Egg Lezat Menggoda, Ini Caranya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 02 Agustus 2017 19:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 02 298 1748609 cara-gordon-ramsay-bikin-scrambled-egg-lezat-menggoda-ini-caranya-g0iEJ2q4Y4.jpg Gordon Ramsay (Foto: NBCnews)

HIDANGAN telur orak-arik jadi favorit banyak orang, baik itu untuk menu andalan saat sarapan ataupun sajian ringan pengganjal perut di sela-sela waktu sarapan dan makan siang atau biasa disebut brunch.

Walau terlihat sebagai hidangan yang simpel, karena tidak proses pembuatannya yang mudah. Sejatinya, tidak semua orang bisa membuat telur orak-arik yang sempurna dan menggunggah selera layaknya semudah membalikkan telapak tangan.

 (BACA JUGA: Bikin Telur Orak Arik Super Pedas, Makan Pasti Lahap)

Untuk bisa menghasilkan scrambled egg yang fluffy, matang sempurna namun tidak kering. Ternyata ada rahasia di baliknya loh! Lalu, seperti apa sih trik untuk membuat telur orak-arik yang lezat dan fluffy? Menjawab pertanyaan ini, chef sekaligus pemilik restoran ternama dunia, Gordon Ramsay pun tidak segan mengungkapkan metode rahasianya.

Dalam satu episode teranyar acara kontes memasak terkenal, MasterChef, Gordon secara gamblang memperlihatkan teknik dirinya membuat telur orak-arik. Terungkap, dalam membuat scrambled egg, Gordon terus mengaduk-aduk telur di atas wajan di atas api lalu kemudian wajan diangkat dari atas kompor, Gordon mengulangi proses ini bolak-balik hingga telur menjadi matang.

(BACA JUGA: Dimasak dengan Api Besar, Kesalahan yang Bikin Scrambled Egg Jadi Enggak Enak!)

Dengan metode ini, maka scrambled egg akan menjadi matang tanpa harus gosong dan menjadi kering, dengan tekstur yang fluffy dan ringan. Sehingga telur orak-arik yang terlalu matang dengan tekstur seperti bubur, bisa terhindarkan.

Untuk proses lebih jelasnya, berikut uraian langkah-langkah cara pembuatan scrambled egg ala chef Gordon Ramsay.

1. Pecahkan 6 butir telur di dalam wajan;

2. Tambahkan 3 potongan kecil butter (untuk satuan porsi jumlah telur yang lebih kecil, gunakan ratio perbandingan 2:1 untuk butter dan telur);

3. Nyalakan kompor dengan api besar;

 (BACA JUGA: Susu dan Air Soda, Rahasia Bikin Tekstur Scrambled Egg Lembut dan Mengembang)

4. Aduk telur secara terus menerus dengan spatula karet, pastikan tidak ada adonan telur tidak ada yang menempel menjadi kerak di bagian dasar wajan;

5. Setelah 30 detik, angkat wajan dari kompor. Tetap aduk-aduk telur dengan spatula, lalu setelah 10 detik berlalu taruh kembali wajan di atas kompor. Ulangi proses selama tiga menit;

6. Di menit-menit terakhir sebelum telur matang, beri bumbu seperti sedikit garam dan lada. Untuk tekstur yang lebih creamy, bisa tambahkan juga 1 sendok teh susu atau krim;

7. Tuang ke piring saji, sajikan hangat-hangat dengan irisan kucai. Demikian seperti disitat Delish, Rabu (2/8/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini