Awas! Kandungan Gula Tinggi Tersembunyi di Saus Barbeku Hingga Berbagai Produk Pangan Tak Terduga Ini!

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 02 Agustus 2017 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 02 298 1748718 awas-kandungan-gula-tinggi-tersembunyi-di-saus-barbeku-hingga-berbagai-produk-pangan-tak-terduga-ini-Bc9Gr1mAnQ.jpg Gula (Foto: Thehealthsite)

BUKAN rahasia lagi, bahwa mengonsumsi gula apalagi hingga berlebihan sangat tidak baik untuk kesehatan.

Namun, banyak orang awam yang sudah menghindari asupan gula tetap tidak sadar telah mengonsumsi gula secara tidak langsung dengan pilihan makanan yang tidak cermat.

 (Baca Juga: Ini Batas Aman Konsumsi Gula dalam Sehari)

Nah, agar selanjutnya tidak terkecoh lagi. Ada baiknya untuk mengetahui kandungan gula yang tersembunyi dalam sederet produk makanan di bawah ini. Mari baca ulasannya berikut ini!

Saus barbeku

Mengoleskan banyak olesan saus barbekyu pada daging ketika sedang memasak memasang sajian BBQ memang membuat cita rasa daging jauh lebih lezat dan gurih. Akan tetapi tahukah bahwasanya saus barbekyu juga mengandung kandungan gula yang cukup banyak? Sebagaimana disitat Mashed, Rabu (2/8/2017), ahli diet Catherine Metzgar, Ph.D menyebutkan bahwa satu sendok makan saus barbekyu saja sudah mengandung sekitar 6 gram gula.

 (Baca Juga: Wow! Kurangi Konsumsi Gula Bikin Awet Muda Lho)

Saus tomat 

Ketika melihat saus tomat, pasti otomatis yang terlintas di pikiran adalah buah tomat yang sehat. Padahal kenyataannya, menurut keterangan ahli diet, Wendy Kaplan, satu sendok makan saus tomat ini sudah mengandung sekitar 4 gram gula yang setara dengan pemakaian satu sendok teh langsung gula pasir.

Saus pasta 

Waspada lah jika Anda termasuk salah satu penggemar hidangan sajian pasta, hidangan asli Italia yang tersaji dengan banyak saus pasta satu ini menurut laporan dari ABC News, hadir dengan kandungan gula yang tinggi. Karena, alih-alih menggunakan bahan-bahan yang segar seperti tomat dan minyak zaitun. Saus pasta instan atau botolan, biasanya terbuat dari sayuran-sayuran yang dikeringkan dan bahan-bahan makanan kurang berkualitas lainnya.

( Baca Juga: Banyak Konsumsi Makanan Manis Bisa Bikin Gelisah)

Oatmeal instan 

Oatmeal instan yang mudah dibuat dan didapatkan, kerap jadi pilihan banyak orang sebagai menu sarapan praktis yang sehat. Namun, berhati-hatilah karena biasanya satu bungkus oatmeal instan kemasan mengandung hingga 12 gram gula tang setara dengan tiga sendok teh gula pasir sekaligus. Jika hobi mengonsumsi oatmeal sebagai sarapan, sebaiknya pilih oatmeal konvesional yang old-fashioned ketimbang yang instan.

 (Baca Juga: Batasi Konsumsi Gula Bantu Turunkan Berat Badan)

Buah kalengan 

Buah kalengan secara kasat mata, tampak seperti pilihan camilan yang menyehatkan karena berisi potongan buah-buahan yang sehat. Tapi sejatinya, mengonsumsi buah kalengan sama halnya dengan menyantap permen manis. Pasalnya, setengah buah kalengan lengkap dengan air sirupnya saja sudah mengandung sekitar19 gram gula yang hampir setara dengan lima sendok teh gula pasir!

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini