nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tidak Banyak yang Tahu, Ini Fungsi Lubang Kecil di Bagian Belakang Kemeja Pria

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 20:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 03 194 1749438 tidak-banyak-yang-tahu-ini-fungsi-lubang-kecil-di-bagian-belakang-kemeja-pria-t0nP8vS9Y4.jpg Lubang kemeja (Foto: Today)

PASTI semua pria memiliki minimal satu buah kemeja di dalam lemari pakaiannya. Ya, kemeja tentu menjadi item fesyen wajib yang perlu dimiliki oleh para pria. Penggunaan kemeja bisa membuat penampilan terlihat lebih formal hingga semi formal. Namun, tak semua orang menyadari bagian-bagian unik pada sebuah kemeja.

Ya, pernahkah Anda memerhatikan bagian belakang kerah kemeja pria? Pada beberapa kemeja seringkali mungkin Anda akan menemukan lingkaran kecil atau lubang kecil di bagian belakangnya. Nah, pernahkah Anda bertanya-tanya apa fungsi lubang kecil tersebut?

 (BACA JUGA: Kunci Tampil Rapi dan Stylish Para Pria: Kemeja Baby Blue)

Yang pasti, lubang kecil tersebut diciptakan karena ada alasannya. Seperti yang dilansir dari Today, Kamis (3/8/2017), ternyata orang-orang di masa lalu tidak memiliki lemari dengan rak dan gantungan. Alhasil semua pakaian disimpan menggunakan jepitan atau pengait. Nah, lubang kecil pada kemeja membuatnya bisa digantung tanpa menimbulkan kusut.

Mulanya, lubang kecil ini digunakan oleh pelaut East Coast yang akan menggantung pakaian mereka di kapal saat tengah berganti pakaian. Namun, lubang kecil ini tak hanya eksis pada pakaian para pelaut melainkan sudah ada pada masyarakat di daratan. Tren dimulai saat Amerika merancang kemeja oxford dengan kancing di bagian depan pada tahun 1960-an.

 (BACA JUGA: Ini Aturan Dasar Mengenakan Dasi untuk Pria)

Selanjutnya, lubang kecil ini menjadi bagian dari kemeja pria dalam tradisi kencan Ivy League, yakni para mahasiswa dari berbagai universitas bergengsi. Lubang kecil tersebut rupanya digunakan untuk menunjukkan status hubungan atau untuk menunjukkan daya tarik sang pemakai kemeja.

Wanita muda akan merobek lubang kecil tersebut bila mereka anggap menarik. Atau bisa pula pria yang merobek lubang kecil untuk menunjukkan bahwa dirinya telah memiliki seorang kekasih. Nah, kini detail lubang kecil tersebut masih digunakan para produsen kemeja.

 (BACA JUGA: Jangan Keliru Guys, Ini Aturan yang Perlu Diketahui Sebelum Memasukkan Kemeja ke dalam Celana)

Selain lubang kecil di bagian belakang kemeja pria, kehadiran kancing di bagian belakang kerah kemeja juga kerap mengundang tanda tanya. Terkesan tak berguna, namun yang perlu disadari kancing ini tak akan disematkan bila tak ada kegunaannya. Lantas, apa fungsinya?

Nah, kancing bulat kecil di belakang kerah kemeja ini sama fungsinya dengan lubang kecil di bagian belakang kemeja. Lebih dari aksesori, kancing bulat kecil di belakang kerah kemeja pria berguna untuk menyatukan kerah dengan kemeja.

Idenya berawal pada tahun 1960-an, di mana antara kancing dengan kerah awalnya dirancang sebagai 'kaitan' untuk menggantung pakaian. Kancing tersebut akan membentuk sebuah 'simpul' agar baju lebih mudah tergantung di paku. Kaitan antara kerah dan kancing dikenal sebagai locker loops atau fruit loops.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini