POP SUGAR: Aneh, Meski Terjemur Selama 4 Hari Es Krim Ini Tidak Meleleh!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 17:19 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 03 298 1749291 pop-sugar-aneh-meski-terjemur-selama-4-hari-es-krim-ini-tidak-meleleh-eciOOG7H5y.jpg Es krim tidak meleleh (Foto:Ilustrasi/Foodimentary)

ES krim merupakan salah satu makanan yang paling diburu para pencinta kuliner di musim panas ini. Selain memiliki cita rasa manis yang lezat dengan tekstur yang lembut, mengonsumsi es krim juga ampuh untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap terhidrasi.

Kendati demikian, Anda harus menyantapnya secepat mungkin mengingat teksturnya yang sangat rentan ketika terkena suhu panas. Namun dalam beberapa kasus, ada juga es krim yang tidak mencair meski telah terkena sinar matahari langsung.

BACA JUGA: POP SUGAR: Ya Ampun, Lucu & Cantiknya Es Krim Putri Duyung Ini

Kejadian unik ini pertama kali dibagikan oleh seorang wanita asal Australia bernama Mary Salter. Melalui akun Facebooknya, Mary mengunggah sebuah foto es krim sandwich yang ternyata tidak mengalami proses pencairan meski telah diletakkan di luar ruangan selama 4 hari, bahkan tidak terlihat satu ekor pun semut yang mengerumuni camilan tersebut.

Setelah ditelusuri, olahan es krim itu merupakan salah satu produk dari supermarket lokal yang dikenal dengan nama Coles. Untuk menghilangkan rasa penasarannya, Mary membuat sebuah surat terbuka kepada pihak Coles yang ia unggah melalui akun facebooknya.

BACA JUGA: Santap Es Krim, Kakek di Kanada Malah Temukan Jarum Suntik

“Hei Coles, dapatkah Anda menjelaskan bahan dasar apa yang kalian gunakan untuk membuat “Coles Ice Cream Sandwiches”? Saya sangat tertarik karena pada hari Jumat sekitar pukul 5 sore, cucu saya melemparkan sebuah sandwich yang terpecah menjadi dua bagian. Di mana salah satu bagiannya mendarat di semen halaman belakang rumah, dan yang lainnya saya pikir akan dimakan kucing, burung, anjing, atau semut. Namun ternyata, tidak ada satupun binatang yang telah saya sebutkan diatas terlihat menggerogoti camilan itu,” tulis Mary curiga.

Keanehan lainnya baru ia sadari ketika melihat es krim bercita rasa vanilla itu tidak meleleh sama sekali. Padahal, suhu udara saat itu berada pada 26 derajat celcius.

BACA JUGA: FOOD STORY: Jangan Ngaku Ice Cream Lovers kalau Enggak Berani Cicip Akutaq, Es Krimnya Orang Kutub

“Es krim sandwich kami diolah menggunakan teknik sederhana yang umum digunakan. Teknik yang kami gnakan memang membantu memperlambat proses peleburan, sehingga memungkinkan Anda untuk mengonsumsinya tanpa perlu khawatir lelehannya akan mengotori tangan Anda. Teknik ini mencakup penambahan pengental pada krim, menciptakan sebuah struktur seperti sarang lebah yang akan memperlambat proses peleburan. Sehingga, saat produk mulai meleleh dan cairannya menguap, Anda akan melihat busa di atas permukaannya,” tulis Coles pada pernyataan resmi mereka.

Lalu apa yang membuat es krim ini tidak mengalami proses pencairan? Jawabannya terkait pada bahan yang digunakan untuk membuat es krim tersebut. Menurut para ahli, kemungkinan besar teknik pengolahannya menggunakan emulsifier, stabilizer, dan campuran bahan-bahan additif seperti calcium sulfate yang befungsi memperlambat proses pencairan. Meskipun demikian, FDA mengklaim bahwa camilan ini cukup aman untuk dikonsumsi. Demikian dilansir dari Food Beast (3/8/2017).

BACA JUGA: Es Krim atau Gelato, Keduanya Sama Lezat tapi Lebih Sehat yang Mana?

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini