nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Enggak Cuma Bikin Es Batu, Cetakan Es Bisa untuk Mengawetkan Saus dan Bikin Permen Cokelat Loh!

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 18:27 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 03 298 1749349 enggak-cuma-bikin-es-batu-cetakan-es-bisa-untuk-mengawetkan-saus-dan-bikin-permen-cokelat-loh-2zoKSAgowz.jpg Es batu smoothies (Foto: Bettycooker)

DENGAN cuaca panas dan sinar matahari yang terik, walau tidak berada di luar ruangan namun pastinya rasa gerah dan haus tetap melanda. Nah, untuk membuat diri sejuk memang paling enak untuk menyantap minuman dingin yang menyegarkan dahaga.

Di mana untuk membuat minuman dingin yang menyegarkan tersebut, potongan-potongan es batu jadi bahan utama yang wajib ada. Untuk membuat es batu tersebut, pastinya diperlukan alat berupa baki atau tray pencetak es batu.

Well, tahukah bahwasanya baki pencetak es batu tersebut, pada dasarnya tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membuat es batu dari air mineral biasa loh. Karena tray pencetak es batu tersebut bisa juga dimanfaatkan untuk membuat potongan es lain, apa saja potongan es alias es cubes lain yang bisa dibuat dari alat simpel ini? Baca dulu yuk uraiannya di bawah ini!

 BACA JUGA: POP SUGAR: Ya Ampun, Lucu & Cantiknya Es Krim Putri Duyung Ini

Smoothie yogurt buah 

Salah satu trik instan untuk bisa menyantap smoothie yogurt buah dengan cepat dan tanpa repot. Caranya cukup tuangan smoothie yogurt favorit Anda ke dalam baki cetakan, lalu dinginkan di dalam freezer sekitar 3 jam. Setelah berbentuk es batu, baru tuang dalam gelas lalu biarkan meleleh dengan sendirinya atau bisa juga dimasukkan ke dalam blender agar menjadi seperti es serut.

Smoothie sayur 

Kerap merasa mual atau eneg jika harus mengonsumsi smoothie sayur, berbentuk cairan kental langsung dari gelas saji? Mengapa tidak tuangkan saja smoothie sayur tersebut ke dalam baki cetakan es batu lalu bekukan sampai jadi es batu. Voila! acara menyantap smoothie sayur saat sarapan atau untuk pengganti makan malam akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan bukan?

 BACA JUGA: Santap Es Krim, Kakek di Kanada Malah Temukan Jarum Suntik

Es batu buah 

Cara ini bisa dilakukan sebagai cara alternatif untuk mengonsumsi buah-buahan, agar tidak merasa jenuh saat mengonsumsi buah potong. Caranya gampang kok, tinggal buat es batu dengan air mineral biasa lalu tambahkan potongan buah seperti stroberi, jeruk, raspberry, bluberi, lemon, lalu helai daun mint bahkan bisa juga kelopak bunga yang bisa dimakan. Tidak hanya bisa dimakan namun juga sangat cantik bukan?

Minyak zaitun dan rempah-rempah 

Kondisi seperti terlalu banyak membeli dedaunan rempah-rempah seperti oregano, sage, dan daun herbal lainnya pasti kerap dialami oleh banyak orang. Nah, daripada dibuang sia-sia padahal belum terpakai, awetkan saja dengan cara dibekukan bersama minyak zaitun. Awetkan dalam minyak zaitun, lalu bekukan dalam cetakan es batu. Saat hendak dipakai memasak, tinggal cukup diiris-iris.

 BACA JUGA: FOOD STORY: Jangan Ngaku Ice Cream Lovers kalau Enggak Berani Cicip Akutaq, Es Krimnya Orang Kutub

Saus tomat 

Baki cetakan es batu juga bisa dimanfaatkan untuk mengawetkan sisa saus tomat loh! Caranya sama seperti ketika membuat es batu seperti biasanya, tuangkan sisa saus tomat (baik itu homemade buatan sendiri atau saus tomat botolan instan) ke dalam cetakan, bekukan dalam freezer, begitu hendak dipakai untuk memasak tinggal dipanaskan bersamaan dengan makanan yang sedang dimasak.

 BACA JUGA: Es Krim atau Gelato, Keduanya Sama Lezat tapi Lebih Sehat yang Mana?

Permen cokelat 

Eits, tidak hanya es batu loh yang bisa dihasilkan oleh baki pencetak es batu ini. Permen cokelat pun bisa dibuat mudah, dengan menggunakan alat ini. Salah satunya permen cokelat cubes yang cocok untuk Anda penyuka makanan manis, cara membuatnya hanya tinggal melelehkan sekantung chocolate chips, lalu tuang lelehan cokelat ini ke dalam cetakan es batu, terakhir tinggal beri hiasan topping sesuai selera. Bisa berupa irisan potongan buah seperti stroberi dan raspberi sampai kacang almond atau kacang tanah. Bekukan selama beberapa jam di dalam freezer, voila! permen cokelat dingin homemade siap disantap! Demikian seperti disitat Bettycrocker, Kamis (3/8/2017).

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini