nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Luas dan Kurangi Tumpukan Piring Kotor, Alasan Penting untuk Miliki Talenan Kayu Ukuran Besar

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 05:37 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 03 298 1749359 luas-dan-kurangi-tumpukan-piring-kotor-alasan-penting-untuk-miliki-talenan-kayu-ukuran-besar-mKMXihKOfL.jpg Talenan kayu (Foto: Foxnews)

PERANAN sebuah cutting board, atau biasa disebut talenan dalam kegiatan memasak dan menyiapkan segala hidangan makanan dan juga minuman dalam kehidupan sehari-hari sangatlah besar dan penting.

Inilah mengapa, tidak ubahnya dengan pisau. Memilih dan menggunakan talenan untuk dipakai sehari-hari tidak bisa dilakukan secara asal. Selain material bahan yang dipakai, seperti kaca transparan, kayu, hingga plastik. Ukuran dari talenan pun harus diperhatikan dengan seksama, kemudian sebenarnya talenan dengan ukuran berapakah yang lebih baik untuk dimiliki sehingga bisa melancarkan acara masak-memasak di dapur?

 BACA JUGA: COOKING GADGET: Pisau Sampai Tutup Panci, Deretan Alat Masak yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Dishwasher

Untuk memilih ukuran talenan, jika hanya memiliki dana atau ruang terbatas yang hanya cukup untuk memiliki satu buah talenan. Seperti disitat Foxnews, Jumat (4/8/2017) sebaiknya pilih talenan dengan ukuran besar, yang terbuat dari material bahan kayu.

Pasalnya, dengan talenan kayu berukuran besar, langkah-langkah persiapan saat memasak seperti misalnya menyiapkan satu porsi daging utuh berukuran besar akan jauh lebih mudah dan praktis karena potongan daging-daging tidak perlu berbagi tempat di wadah mangkuk lain. Otomatis, selain akan menghemat waktu persiapan karena tidak perlu membuang-buang waktu untuk mencuci mangkuk hingga bersih, juga mengurangi tumpukan cucian piring kotor bukan?

 BACA JUGA: COOKING GADGET: 4 Alat Unik Ini Sebaiknya Dimiliki Pencinta Olahan Telur, Cetakan Telur Goreng Paling Penting

Selain itu, di saat menyiapkan bumbu-bumbu, dengan talenan kayu besar ini maka bumbu-bumbu seperti bawang-bawangan yang harus diiris-iris, potongan tanaman rempah seperti jahe, lengkuas, sampai serai yang harus dimemarkan, potongan sayur-sayuran, hingga daun-daun rempah yang harus dicincang halus bisa dikerjakan dalam wadah talenan yang sama tanpa perlu harus dipindahkan ke wadah piring atau mangkuk satu-persatu. Cukup sisakan jarak sekitar beberapa sentimeter di antara masing-masing bahan, voila! semua bumbu-bumbu yang dibutuhkan relatif bisa langsung dimasukkan ke dalam wajan memasak dengan mudah.

 BACA JUGA: COOKING GADGET: 4 Penemuan Paling Aneh dari Jepang untuk Mudahkan Makan, Salah Satunya Sumpit Kipas Angin

Walau tentunya, talenan kayu berukuran besar ini juga memiliki kekurangan seperti terkadang tidak muat ditempatkan langsung di bak wastafel pencucian piring saat hendak dicuci. Namun, tentunya sedikit usaha saat mencuci talenan kayu besar ini masih jauh lebih ringan dibandingkan harus membuang waktu menyiapkan dan mencuci bersih belasan tumpukan mangkuk-mangkuk sebagai wadah dari sederet bahan-bahan makanan untuk dimasak bukan?

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini