ASTAGA! Di Spons Pencuci Piring Ada Jutaan Bakteri Pemicu Penyakit

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 03 481 1749052 astaga-di-spons-pencuci-piring-ada-jutaan-bakteri-pemicu-penyakit-uYhjBmvpD9.jpg Spons tempat jutaan bakteri (Foto: Boldsky)

PASTINYA seorang ibu rumah tangga mengandalkan spons untuk mencuci piring. Tapi, tahukah Anda, benda tersebut memiliki jutaan bakteri yang dapat menginfeksi tubuh.

Studi baru-baru ini telah menyebutkan, spons yang sering digunakan untuk mencuci piring bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Hal ini dapat mengakibatkan seseorang mengalami gangguan kesehatan jika terinfeksi. (Baca Juga: Ganti Spons Cuci Piring Setiap 2 Pekan Sekali, Ini Alasannya!)

Paling sering paparan bakteri tersebut mengganggu sistem kekebalan tubuh. Apalagi kalau spons yang dipakai tidak pernah diganti dalam jangka waktu yabg lama.

Belum lagi spons sudah rusak dan berbau. Seharusnya Anda cepat menggantinya supaya tidak memicu penyakit. (Baca Juga: DBD Mengintai Anak Sekolah, Menkes Sosialisasi Pentingnya Pencegahan ke SD)

Lebih lanjut, ada beberapa fakta spons yang dapat menularkan sumber penyakit. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Boldsky, Kamis (3/8/2017).

Spons rusak

Penting diingat, jika Anda menggunakan spons rusak untuk membersihkan piring dapat menularkan penyakit. spons tersebut menjadi sumber penularan bakteri. (Baca Juga: Bukan Toilet, Spons untuk Mencuci Piring adalah Sumber Bakteri Terbesar)

Begitu juga spons itu menjadi tempat berkembang biaknya mikroorganisme yang mengundang penyakit. Hati-hati!

Jangan merendam dalam sabun

Sesudah mencuci piring, jangan biarkan spons terendam dalam air. Meski sabun menjadi sumber proteksi diri dari kuman, merendam spons dalam air sabun malah sebaliknya. Anda dapat tertular bakteri berbahaya bila tak dicegah. (Baca Juga: Perhatikan Baik-Baik, Ini Bahaya Gunakan Spons saat Mandi)

Merendam ke dalam air panas sia-sia

Percuma, jangan gunakan air panas untuk menghilangkan bau dari spons setelah direndam air sabun. Air panas tak bisa menghentikan perkembangbiakan bakteri. Maka dari itu, cegah penularan bakteri dari sumber benda yang berbahaya. Hindari ya! (Baca Juga: 6 Herbal Paling Ampuh Meredakan Batuk, Mulai dari Jahe, Kencur hingga Kunyit)

Sebabkan kolera

Periset melakukan studi baru yang mempelajari beberapa spons bekas di bawah mikroskop. Mereka menemukan bakteri yang menyebabkan penyakit mematikan seperti kolera dan tifoid. Dalam kondisi ringan, Anda juga bisa mengalami keracunan makanan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini