Share

Mengenal Efek Samping Dumolid, Obat Insomnia yang Membuat Tora Sudiro-Mieke Amalia Ditangkap Polisi

Dewi Kania, Jurnalis · Kamis 03 Agustus 2017 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 03 481 1749356 mengenal-efek-samping-dumolid-obat-insomnia-yang-membuat-tora-sudiro-mieke-amalia-ditangkap-polisi-iOhb3tZ0i7.jpg Ilustrasi (Foto: Nextavenue)

Pasangan selebriti Tanah Air, Tora Sudiro-Mieke Amalia tertangkap pihak berwajib menggunakan obat Dumolid yang biasa digunakan untuk menyembuhkan insomnia. Tapi menurut para ahli obat ini juga dikategorikan sebagai narkoba berbahaya.

Tablet Dumolid mengandung Nitrazepam yang merupakan bahan aktif. Tablet ini bekerja dengan cara yang memengaruhi zat kimia otak tertentu untuk mengirimkan pesan, sehingga membuat seseorang mengantuk dan rileks. (Baca Juga: Niatnya Baik, Tapi Pasangan Justru Bisa Memperburuk Insomnia Anda)

Tapi bila diminum kelebihan dosis, tablet Dumolid dapat menyebabkan efek samping. Beberapa efek sampingnya memengaruhi fungsi saraf menjadi tidak normal. (Baca Juga: Gaya Hidup Modern dan Urbanisasi, Penyebab Anda Alami Insomnia?)

Karena seharusnya jika ingin mengonsumsi obat ini harus dengan resep dokter. Sayangnya, masih banyak orang menyalahgunakan penggunaan tablet Dumolid. (Baca Juga: Anda Alami Insomnia? Tentukan Tujuan Hidup Bantu Anda Tidur Nyenyak Loh)

Meski merasa tenang dan rileks setelah minum obat ini, tetap ada efek sampingnya. Anda mengalami pusing, mual, muntah, kembung, tubuh terasa lemas, kepala pusing berputar, hingga gerakan goyah. (Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Sulit Tidur, Konsumsi 5 Makanan Ini!)

Pada ibu hamil dan menyusui sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi obat ini. Belum lagi jika Anda meminumnya kelebihan dosis.

Efeknya dapat menimbulkan gejala keracunan dan masalah gangguan hati. Karena itu, semestinya semua jenis obat-obatan tidak dijual bebas.

Obat bukan disalahgunakan untuk hal yang menyakiti diri sendiri. Obat tersebut diminum sesuai anjuran dokter karena berbahaya. Demikian dilansir Tabletwise, Kamis (3/8/2017).

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini