nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unik, Kini Hadir Sepatu Olahraga Ramah Lingkungan yang Terbuat dari Tanaman Alga!

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 15:20 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 04 194 1749764 unik-kini-hadir-sepatu-olahraga-ramah-lingkungan-yang-terbuat-dari-tanaman-alga-PfApBbHlc3.jpg Sepatu dari tanaman alga (Foto: Metro)

ISU lingkungan yang serius memang masih menjadi perhatian banyak kalangan hingga saat ini. Tak ayal jika sejumlah perusahaan seolah berlomba-lomba dalam melakukan inovasi dengan meluncurkan produk yang ramah lingkungan, termasuk dengan kampanye yang berkaitan dengan global warming.

Namun, tak hanya sekadar kampanye, beberapa contoh sudah direalisasikan dalam bentuk nyata. Salah satunya dalam hal mode atau fesyen, kini sudah banyak alas kaki yang terbuat dari material ramah lingkungan. Kali ini, inovasi produk ramah lingkungan giliran dilakukan oleh sebuah perusahaan sepatu bernama Vivobarefoot.

Ya, mereka berkolaborasi dengan Bloom Foam, menciptakan sepatu olahraga yang terbuat dari alga. Eitss, meski alga dikenal berbahaya dan bisa meracuni makhluk hidup laut, seperti mamalia, ikan, dan unggas, namun jenis sepatu yang diberi nama Ultra-eco Amphibious Shoe The Ultra 3 ini bukan terbuat dari alga berbahaya.

 

The Ultra 3 memang berbahan dasar dari alga yang dibudidayakan atau diolah terlebih dulu, kemudian dipanen dan diubah dalam bentuk butiran atau biji. Butiran itulah yang dijadikan sebagai salah satu bahan utama yang dicampur dengan busa EVA (ethylene-vinyl acetate) untuk bahan sepatu.

Pemberian nama 'amphibious shoe' bukan tanpa alasan. Pasalnya, jenis sepatu ini memang bisa digunakan secara fleksibel, yakni di lingkungan yang basah atau kering. Mirip seperti hewan amfibi ya?

"Dengan menghilangkan alga dari ekosistem laut dan mengubahnya menjadi bahan yang ramah lingkungan dan modern tentu ini dapat menjadi langkah untuk mengatasi berbagai masalah dan membuat dunia menjadi lebih bersih," kata head of product Vivobarefoot, Lee Rogers, seperti dilansir Metro, Jumat (4/8/2017).

Lebih lanjut, Lee Rogers berharap produk yang dibuatnya dapat menginspirasi agar perusahaan lainnya juga bisa memproduksi barang dari material yang ramah lingkungan.

Sementara itu, perusahaan tersebut bukan satu-satunya perusahaan sepatu yang memproduksi alas kaki ramah lingkungan. Sebelumnya sudah terdapat beberapa perusahaan hingga start-up yang melakukan hal serupa.

Sebut saja start up Rothy's yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat, melakukan inovasi dengan merancang sepatu berbahan benang yang terbuat dari daur ulang botol plastik. Rothy’s menggunakan outsoles, insoles, serta kemasan carbon-free yang bisa didaur ulang sepenuhnya ketika tak lagi dibutuhkan.

Secara keseluruhan, jenis sepatu tersebut menggunakan tiga material yang berbeda. Pada bagian atas, menggunakan material berupa benang dari botol PET yang telah diproses menjadi serat filamen serta material insole. Sementara, untuk solnya terbuat dari karet. Untuk membuat satu buah sepatu membutuhkan sekira tiga botol daur ulang.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini