nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banyak Suami-Istri Bercerai! Pasangan Muda Wajib Pikirkan Syarat Penting Ini Sebelum Menikah

Vessy Frizona, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 15:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 04 196 1749837 banyak-suami-istri-bercerai-pasangan-muda-wajib-pikirkan-syarat-penting-ini-sebelum-menikah-x91UbISmi5.jpg Ilustrasi (Foto: Thedailysignal)

KETIKA akan menikah, orang biasanya tidak memikirkan potensi perceraian atau kebutuhan akan konseling perkawinan di masa depan. Tapi mungkin mereka harus meluangkan sedikit waktu untuk memikirkan sumpah pernikahan dan lebih banyak waktu mempertimbangkan apa yang akan mereka lakukan bila melewati kerikil dalam berumah tangga.

Baca Juga: Meski IQ Normal, Jangan Anggap Remeh ketika si Kecil Tak Bisa Kancingkan Bajunya Sendiri!

Itulah sebabnya mengapa konseling perkawinan merupakan sesuatu yang harus dilakukan dan pertimbangkan oleh pasangan secara serius. 'Pernikahan' sebenarnya bisa dimulai sebelum pernikahan benar-benar terjadi. Beberapa tempat menyediakan kelas persiapan pernikahan yang mencakup konseling pranikah sebagai syarat sebelum mengucap janji.

Baca Juga: Kesulitan Interaksi dengan si Kecil? Cukup Mainkan Ekspresi Wajah dan Bicara Sederhana

Konseling memuat pembicaraan sejarah keluarga individu pasangan dan keluarga yang akan mereka bangun bersama, termasuk kemungkinan anak-anak, apakah mereka akan dibesarkan secara agama dan bagaimana menghadapi konflik.

"Anda juga bisa pergi ke konselor perkawinan atau keluarga dengan tujuan untuk konsultasi pranikah yang akan membantu memulai pernikahan Anda dengan sebuah catatan bersih," tulis Sarah White dilansir Lifehack, JumatĀ  (4/8/2017).

Ini bisa menjadi cara menghilangkan kebencian atau ketakutan akan pernikahan dan memberi Anda tempat aman untuk membicarakan hal-hal seperti kapan dan berapa banyak anak yang di inginkan, bagaimana Anda bisa mengatasi masalah keuangan atau tekanan lain pada hubungan dan memastikan punya nilai dan tujuan yang sama untuk hubungan, keluarga dan kehidupan Anda bersama.

Baca Juga: Bukan Sekadar Baik Hati, Bikin Pria Kepincut Juga Harus Punya Pendirian seperti Ini!

"Meluangkan waktu untuk melakukan konseling pranikah juga membuat Anda lebih bersedia untuk terlibat dalam konseling perkawinan nanti jika diperlukan," paparnya yang merupakan seorang penulis di Amerika Serikat.

Konseling perkawinan tidak menjamin pernikahan bahagia selamanya, tapi ini memperbaiki hubungan.

Bca Juga: Trik Menjaga Hubungan Instan Agar Bisa Awet!

Penelitian tentang efek konseling menemukan bahwa kebanyakan orang yang telah menjalani terapi pasangan merasa puas dengan hasilnya. American Association of Marriage and Family Therapist menemukan bahwa 98% orang yang disurvei mengatakan bahwa mereka mendapat terapi yang baik atau sangat baik, sementara 97% mengatakan bahwa mereka mendapat bantuan yang mereka butuhkan.

Pergi ke konseling perkawinan bisa jadi hanya cara untuk mengubah hubungan bermasalah, dan tentu saja lebih baik daripada tidak mencoba memperbaiki hal-hal yang tidak bekerja dalam suatu hubungan.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini