5 Rahasia Bikin Ayam Bakar Lezat, Empuk & Beraroma Wangi, Potongan Ayam Berpengaruh!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 05 Agustus 2017 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 04 298 1749807 5-rahasia-bikin-ayam-bakar-lezat-empuk-beraroma-wangi-potongan-ayam-berpengaruh-6Z3GNbBp52.jpg Rahasia membuat ayam bakar nikmat (Foto: Shutterstock)

APA yang terlintas di benak Anda ketika mendengar “ayam bakar”? Sebagian orang mungkin akan mengatakan bahwa hidangan tersebut memiliki aroma yang menggoda, dan ada pula yang terhipnotis dengan kelembutan dagingnya.

Di Indonesia sendiri, ayam bakar menjadi salah satu makanan favorit berbagai kalangan dan sekarang sudah banyak dijual di berbagai tempat, mulai dari restoran bintang lima hingga penjual kaki lima. Meskipun demikian, Anda juga bisa loh membuat olahan ayam bakar yang lezat di rumah.

BACA JUGA:

COOKING GADGET: Alat Makan Buat yang Ber-IQ Tinggi, Sebelum Digunakan Harus Pecahkan Teka-teki Dulu

FOOD STORY: Serba-Serbi Nasek Ampog Makanan Utama Masyarakat Madura & Resep Lengkapnya

Nah, sebelum mulai mengolahnya, yuk simak dulu 5 kiat sukses membuat ayam bakar yang lezat, empuk, dan beraroma wangi. Sebagaimana dikutip dari buku Aneka Ayam Bakar Populer Khas Indonesia, karya Tim Dapur Demedia, Sabtu (5/8/2017).

 

Memilih ayam yang tepat

 

Ayam kampung dan ayam potong/broiler, sama-sama dipakai untuk membuat hidangan ayam bakar. Gunakan ayam sesuai dengan resep yang disarankan supaya menghasilkan kelezatan yang maksimal. Pilihlah ayam yang muda, cirinya yaitu tulang sayapnya masih lentur bila dilipat ke arah yang berlawanan. Ayam seperti ini dagingnya empuk dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk dimasak.

Perhatikan potongan ayam

Ayam yang sering dipakai untuk ayam bakar biasanya berukuran kecil, karena usianya yang masih muda. Ayam seperti ini sangat ideal bila dipotong dalam empat bagian, yaitu dua potong dada dan dua potong paha. Namun bila ayam yang dipakai ternyata gemuk dan berukuran besar, ayam bisa dipotong dalam beberapa bagian seperti 8 atau 12 potong.

Ungkep dengan takaran bumbu yang pas

Umumnya resep ayam bakar mengharuskan kita mengungkep ayamnya bersama bumbu yang dihaluskan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya bumbu bisa meresap ke dalam daging ayam dengan sempurna. Cara yang tepat adalah melumuri ayam dengan bumbu kemudian dimasak dalam keadaan tertutup dengan api kecil. Saat dimasak, ayam akan berair kemudian matang bersama dengan bumbu.

Bakar/panggang dengan temperatur yang tepat

Anda bisa memanggang ayam dengan beberapa cara, misalnya di atas bara, menggunakan oven, atau memakai pemanggang praktis yang diletakkan di atas api kompor. Bila memakai bara, kipas bara agar tidak menjadi kobaran api. Memanggang ayam dengan menggunakan oven akan menghasilkan kematangan yang mereta. Supaya lebih maksimal, ayam bisa dibungkus dengan alumunium foil terlebih dahulu.

BACA JUGA:

FOOD STORY: Serba-Serbi Nasek Ampog Makanan Utama Masyarakat Madura & Resep Lengkapnya

Lagi Tren Ayam Goreng Rasa Keringat Gadis Jepang, Mau Jajal?

Menambah aroma ayam bakar

 

Ayam yang telah diungkep sampai matang bersama bumbu biasanya sudah siap untuk dibakar. Ada beberapa cara untuk menambah aromanya yakni, lumuri ayam yang sedang dibakar dengan sisa bumbu ungkepnya. Sisa bumbu ungkep ayam mengandung lemak yang bisa mengeluarkan aroma ayam bakar yang sedap.

Kedua, Anda bisa memerciki ayam yang sedang dibakar dengan air jeruk nipis atau jeruk limau. Asam yang terkandung dalam air jeruk akan membuat rasa ayam bertambah enak. Warnanya menjadi kemerahan dan kulitnya menjadi lebih kering. Terakhir bungkus ayam yang akan dibakar dengan daun pisang. Aroma khas daun pisang akan menambah aroma harum pada ayam bakar.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini