nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peneliti asal Jepang Temukan Cara agar Es Krim Tidak Mudah Cair meski Dijemur di Bawah Sinar Matahari!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 18:28 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 04 298 1749921 peneliti-asal-jepang-temukan-cara-agar-es-krim-tidak-mudah-cair-meski-dijemur-di-bawah-sinar-matahari-O2gKkSWyQc.jpg Es Krim (Foto: Nypost)

SELAIN minuman dingin, menyantap es krim memang jadi pilihan camilan yang pas untuk menghilangkan rasa gerah sekaligus menyegarkan dahaga di saat cuaca sedang panas karena sinar matahari yang sangat terik.

Akan tetapi, acara menyantap es krim terkadang menjadi sedikit menyebalkan karena es krim yang dikonsumsi meleleh dan menjadi cair dalam waktu yang relatif singkat padahal belum selesai dihabiskan untuk dikonsumsi.

(BACA JUGA: POP SUGAR: Aneh, Meski Terjemur Selama 4 Hari Es Krim Ini Tidak Meleleh!)

Namun, tampaknya cerita sedih es krim yang cepat meleleh ini sepertinya hanya akan menjadi kisah lama. Karena ada satu kabar gembira perihal es krim ini, ada apakah gerangan?

Pasalnya, seperti diwarta Nypost, Jumat (4/8/2017) dikabarkan para peneliti yang berasal dari Jepang telah membuat es krim yang awet bertahan lama alias tidak cepat meleleh. Disebutkan, para peneliti Jepang tersebut telah menemukan sebuah metode dengan memanfaatkan ekstrak buah stroberi untuk menghentikan terpisahnya komponen air dan minyak di dalam es krim dalam kurun waktu yang singkat.

 BACA JUGA: FOOD STORY: Jangan Ngaku Ice Cream Lovers kalau Enggak Berani Cicip Akutaq, Es Krimnya Orang Kutub

“Zat cairan Polyphenol dalam stroberi mempunyai kandungan yang membuat minyak dan air menjadi sulit dipisahkan, inilah yang membuat bentuk es krim akan tetap utuh tidak melelah seperti bentuk asli awalnya, dan akan awet bertahan lebih lama daripada waktu biasanya,” jelas Tomihisa Ota, salah satu professor peneliti dari Universitas Kanazawa.

 (BACA JUGA: Enggak Cuma Bikin Es Batu, Cetakan Es Bisa untuk Mengawetkan Saus dan Bikin Permen Cokelat Loh!)

Disebutkan lebih lanjut, para peneliti yang berasal dari Japan Biotherapy Development Research Centre, Kanazawa ini memang sengaja meneliti untuk melakukan percobaan bagaimana zat kandungan polyphenol dalam stroberi bisa mempengaruhi makanan penutup, seperti es krim. Awalnya metode ini dipraktekkan pada hidangan pastry, namun hasilnya malah membuat pastry tersebut menjadi beku.

( BACA JUGA: POP SUGAR: Ya Ampun, Lucu & Cantiknya Es Krim Putri Duyung Ini )

Sementara itu, beberapa awak media yang sudah mencicipi es krim ini mengungkapkan bahwa memang es krim ini tetap utuh berbentuk seperti bentuk aslinya walaupun telah dibawa ke luar ruangan dan terkena sinar matahari selama lima menit. Selain bentuknya yang tetap utuh, temperatur es krim juga masih terasa dingin. Bahkan ada pula yang mengklaim bahwa es krim ini akan tetap utuh dan beku walaupun sudah terkena uap dan suhu udara panas dari dryer.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini