nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KAYA REMPAH: 4 Cabai Indonesia Punya Rasa Terpedas Sekaligus Bentuk Tercantik, Ada Cabai Cabai Katokkon dari Toraja!

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Minggu 06 Agustus 2017 21:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 04 298 1750068 kaya-rempah-4-cabai-indonesia-punya-rasa-terpedas-sekaligus-bentuk-tercantik-ada-cabai-cabai-katokkon-dari-toraja-Iu8ob3Jeh0.jpg Cabai Kattokon (Foto:Ist)

SEBAGAI salah satu bumbu masak, cabai dikenal luas sebagai penghasil rasa pedas. Rasa makanan akan semakin nendang dengan adanya tambahan si cabai. Sebagai negeri agraris, Indonesia Punya sederet cabai dengan rasa pedas sekaligus memiliki bentuk yang cantik.

Cabai kok cantik? Ya, jika umumnya cabai hanya memiliki bentuk lonjong dengan warna hijau atau merah maka Anda harus lebih membuka mata. Karena banyak cabai khas dari beberapa daerah yang punya bentuk eye catching, tapi take meninggal rasa aslinya yakni pedas.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Okezone rangkum 4 cabai khas Indonesia yang pedas namun juga bisa jadi objek foto yang Instagramable.

BACA JUGA:

Sebelum Meninggal Ini Makanan Terakhir Para Tokoh Dunia, Adolf Hitler Menyantap Spaghetti

Meski Punya Tubuh Langsing, Kate Middleton Ternyata Doyan Makan!

Cabai Gendot, Dieng

Cabai ini berasal dari semenajung Yucatan dan memilili tingkat rasa pedas melebihi jenis rawit. Di Dieng, Jawa Tengah, cabai ini sangat populer dan dijadikan bumbu masakan pada hampir semua masakan. Bentuk cabai ini membulat dan gendut, jadi tak heran jika disebut dengan nama cabai gendot. Ukurannya cukup besar sehingga banyak pedagang yang menjual cabai ini dengan cara di ikat tali dan digantung. Warnanya hijau dan merah cerah tergantung tingkat kematangannya. Cabai ini tumbuh subur di pertanian Dieng yang bersuhu rendah dan terkenal dingin.

Cabai Katokkon, Toraja

Cabai yang satu ini sangat populer di Toraja, karena konon cabai Katokkon tak bisa tumbuh di tempat lain. Bentuk cabai ini sangat unik yang menggelembung dengan ukuran yang cukup besar. Cabai ini biasa hadir dengan warna hijau, kekuningan, oranye hingga merah terang. Cabai Katokkon menyumbang rasa pedas pada masakan berkali lipat dibandingkan rasa pedas cabai rawit biasa. Melihat setumpuk cabai katokkon segar seperti melihat tumpukan permen warna-warni.

Cabai Hiyung, Kalimantan

Hadir dengan bentuk layaknya cabai rawit biasa, cabai hiyung memiliki pesona sendiri. Ukurannya yang sedikit lebih besar dari cabai rawit ini punya permukaan yang halus dan mengilap. Cabai ini semakin cantik saat terpantul cahaya matahari karena tampak bersih dan mulus. Tapi jangan main-main dengan rasanya. Cabai ini diklaim sebagai cabai terpedas di Indonesia. Budidayanya banyak dilakukan di Banjarmasin, Kalimantan. Karena terbilang varietas baru, cabai ini belum banyak tersedia di pasaran dan harganya pun terbilang masih cukup tinggi.

BACA JUGA:

Meski Punya Tubuh Langsing, Kate Middleton Ternyata Doyan Makan!

Awas! Kandungan Gula Tinggi Tersembunyi di Saus Barbeku Hingga Berbagai Produk Pangan Tak Terduga Ini!

Cabai Jamu, Jawa

Cabai yang satu ini akrab dengan sebutan cabai Jamu atau cabai jawa. Bentuknya unik dan berbeda dengan bentuk kebanyakan cabai lainnya. Cabai jamu masih satu kerabat dengan jenis lada dan kemukus. Biasanya cabai ini dijual dalam bentuk segar ataupun kering. Selain sebagai bumbu masak, cabai ini juga banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal. Bentuk cabai ini memanjang dengan permukaan yang tidak rata alias berbulir halus. Warnanya hijau dan merah, cabai yang berwarna merah diakui memiliki rasa yang paling pedas.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini