nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menderita Insomnia, Haruskah Minum Obat Tidur?

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 07:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 04 481 1749525 menderita-insomnia-haruskah-minum-obat-tidur-cyu9lnTmCA.jpg Ilustrasi (Foto: Everydayhealth)

KABAR ditahannya Tora Sudiro dan Mieke Amalia karena kepemilikan psikotropika menghebohkan dunia hiburan Tanah Air. Keduanya diketahui positif menggunakan dumolid, jenis psikotropika golongan IV.

Dumolid merupakan jenis obat yang sebenarnya digunakan untuk pengobatan medis, terutama pasien penderita insomnia. Namun, penggunaan dumolid harus dengan resep dokter untuk menghindari efek sampingnya yang justru bisa membahayakan pasien. (Baca Juga: Mengenal Efek Samping Dumolid, Obat Insomnia yang Membuat Tora Sudiro-Mieke Amalia Ditangkap Polisi)

Banyak orang yang mengalami masalah insomnia tergoda untuk mengonsumsi obat penenang atau pil tidur seperti dumolid. Tapi, menurut ilmuwan, Patrick Fuller, seorang ahli saraf di Harvard Medical School, mengonsumsi pil tidur atau obat penenang adalah cara yang buruk untuk terlelap.

"Saya pikir kebanyakan orang yang mengonsumsi obat tidur sebenarnya tidak membutuhkannya, dan harus bekerja lebih keras untuk lepas dari ketergantungan," kata Fuller yang dikutip dari Businessinsider, Jumat (4/8/2017).

Salah satu alasan untuk menghindari konsumsi obat tidur adalah begitu mereka mengalir dari darah ke otak Anda, maka cenderung tidak menentu. Kandungan obat tidur dapat memengaruhi sel-sel di otak, tidak hanya bagian yang memengan peran untuk tidur. (Baca Juga: Niatnya Baik, Tapi Pasangan Justru Bisa Memperburuk Insomnia Anda)

"Obat tidur bukan sesuatu hal kecil dan menargetkan sel kecil di otak yang memengaruhi tidur. Obat-obatan ini tidak begitu spesifik, tidak hanya memengaruhi otak, tapi juga sistem periferal," jelas Fuller.

Selain itu, Fuller mengatakan bahwa obat tidur juga sangat adiktif. Lepas dari ketergantungan mengonsumsi obat tidur juga sangat sulit, dan justru insomnia bisa menjadi lebih buruk setelah penggunaannya. (Baca Juga: Gaya Hidup Modern dan Urbanisasi, Penyebab Anda Alami Insomnia?)

"Ada waktu dan tempat untuk pil. Tapi, untuk yang kesulitan tidur, ada banyak hal dapat dilakukan untuk memfasilitasi tidur normal dan alami, serta mengatasi insomnia," tutur Fuller.

Fuller memberikan tips mengatasi tanpa harus mengonsumsi obat tidur. Hal ini termasuk bangun pagi pada waktu yang sama setiap hari. (Baca Juga: Anda Alami Insomnia? Tentukan Tujuan Hidup Bantu Anda Tidur Nyenyak Loh)

Kemudian, menghindari konsumsi kafein 6 jam sebelum tidur, berolahraga teratur, menghindari minum alkohol di malam hari, jangan melihat layar smartphone di tempat tidur, dan mengatur suasana tidur.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini