nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perut Kembung Tidak Normal, Waspadai Penyakit Diare hingga Kencing Nanah

Dewi Kania, Jurnalis · Jum'at 04 Agustus 2017 21:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 04 481 1749617 perut-kembung-tidak-normal-waspadai-penyakit-diare-hingga-kencing-nanah-x97fcng9j6.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

PERUT kembung bisa menjadi gejala penyakit biasa hingga penyakit serius. Jangan abaikan bila Anda mengalaminya karena bisa merugikan diri sendiri.

Para ahli menjelaskan, penyebab perut kembung terjadi akibat kondisi intoleransi laktosa atau kadang kala pemicu kanker. Biasanya perut tampak membuncit dan tidak nyaman. (Baca Juga: Sering Mengalami Nyeri Bahu dan Tendon, Apa Penyebabnya?)

Bila sangat serius kembung tak akan hilang dalam waktu beberapa hari. Begitu juga dengan tanda lainnya yang disertai dengan muntah, buang air besar berdarah, dan lainnya.

Anda harus memahami gejala penyakit yang membuat perut Anda kembung. Tapi jangan diabaikan bila berlanjut karena berbahaya bagi kesehatan. Simak ulasannya berikut ini, dilansir Boldsky, Jumat (4/8/2017).

Nyeri pelvis

Gejala kembung dan nyeri pelvis sebenarnya bisa menjadi gejala kanker ovarium. Anda juga terasa sangat kenyang dan sering kencing buang kotoran dengan frekuensi yang tidak wajar.

Berat badan terganggu

Tanda-tanda yang paling umum dari penyakit autoimun ini adalah diare, penurunan berat badan, dan lain-lain.

Gejala awalnya ditandai dengan perut kembung yang sangat membuat tidak nyaman. Anda harus mencegah dengan menjaga pola makan dengan baik dan tidak merokok.

Kram perut

Jika Anda mengalami kram perut di sisi kiri, maka Anda mungkin mengalami divertikulitis. Ini adalah kondisi yang membuat kantung kecil berkembang di lapisan bagian bawah usus besar dan memicu peradangan. (Baca Juga: Sederet Bahaya Makan Telur Mentah, Mulai Diare hingga Kram Perut)

Gonorrhea infeksi

Jika Anda kembung dan juga memiliki cairan berbau busuk, maka bisa jadi Anda mengalami gonorrhea atau lebih dikenal dengan sebutan kencing nanah. Hati-hati jangan sering gonta-ganti pasangan saat berhubungan seks. (Baca Juga: Kabar Baik! Vaksin Meningitis Bisa Cegah Penyakit Gonore)

Ini merupakan salah satu penyakit menular seksual dari Miss V ke tuba falopi atau rahim. Gejala awalnya bisa menyebabkan demam, menggigil dan kembung.

Peradangan usus

Jika Anda mengalami perut kembung yang disertai dengan sakit perut mulas, hati-hati dengan peradangan usus. Gejalanya yakni Anda mengalami buang air besar berdarah, kulit rumah, tubuh lemas, dan terasa sangat lelah. (Baca Juga: Rajin Aktivitas Fisik Bisa Cegah Kanker Usus Besar)

Belum lagi perut terasa kembung, sehingga membuat Anda tidak nyaman. Waspadai gejalanya dan bawa ke dokter bila berlanjut.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini