Enggak Cukup Hanya dengan Sampo dan Kondisioner, Ini Tips Perawatan Rambut yang Disarankan untuk Wanita Berhijab

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Sabtu 05 Agustus 2017 18:08 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 05 194 1750448 enggak-cukup-hanya-dengan-sampo-dan-kondisioner-ini-tips-perawatan-rambut-yang-disarankan-untuk-wanita-berhijab-ozig0tGKlz.jpg Hijabers (Foto: Pinterest)

TAK sedikit wanita berhijab yang mengeluh lantaran kondisi rambut mereka yang mengalami masalah. Ya, faktanya wanita berhijab memang cenderung memiliki masalah rambut dan kulit kepala karena kondisi kepala yang tertutup selama seharian.

Rambut rontok, berminyak, gatal, hingga ketombe merupakan masalah yang kerap dialami. Tak hanya wanita berhijab, mereka yang sering mengendarai motor juga rentan mengalami masalah rambut yang serupa.

 (BACA JUGA: Jangan Sedih, Ini 4 Langkah Atasi Kerusakan Rambut)

“Kulit kepala mengandung minyak alami atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Kulit kepala yang lembap dan tertutup membuat kelenjar ini bekerja terlalu keras dan menghasilkan lebih banyak minyak. Masalah inilah yang sering menimpa para pengguna hijab dan mengakibatkan terjadinya infeksi jamur atau ketombe hingga akhirnya rambut menjadi rontok,” terang dr Armansjah Dara Sjahruddin, SpKK, M.Kes, dalam jumpa pers peluncuran produk terbaru Matrix dari L’oreal Indonesia, di Ballroom Kridangga, Hotel Century Park Lantai 1, Senayan, Jakarta, Sabtu (5/8/2017).

Nah, beberapa di antaranya pun berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan cara menggunakan sampo dan kondisioner khusus untuk hijabers. Namun, tahukah Anda perawatan rambut menggunakan produk khusus wanita berhijab saja belum cukup, loh. Anda juga perlu memerhatikan hal lainnya. Apa sajakah itu?

Hindari menggunakan kerudung saat rambut basah

Salah satu kesalahan yang kerap dilakukan para wanita berhijab adalah menutup rambut dengan hijab saat rambut belum benar-benar kering usai keramas. Hal ini dapat memicu masalah rambut yang parah. Mulai dari rambut menjadi berbau tidak sedap, ketombe hingga kerontokan karena rambut yang lembap langsung dikenakan hijab.

 (BACA JUGA: Rambut Tetap Cantik saat Bangun Pagi? Cepol Rambut dengan Scrunchie)

Perhatikan cara mengikat rambut

Mengikat rambut merupakan cara yang lazim dilakukan oleh wanita berhijab agar tampilannya terlihat lebih praktis sebelum menggunakan hijab. Sebaiknya, cara mengikat rambut tidak harus berada di posisi atas.

“Kalau mengikat rambut posisinya jangan berada di atas. Menarik rambut dari bawah ke atas atau dari depan ke belakang justru membuat rambut menjadi tidak relaks, padahal rambut diikat seharian. Aku rekomendasikan cara mengikatnya tengkuk ke bawah, jadi rambut yang di atas bisa turun dan rambut yang di bawah tetap berada di bawah. Kalau cepolan rambut kurang kencang bisa ditambahkan jepit rambut,” papar Sarah Sofyan, seorang fashion influencer yang turut hadir sebagai narasumber dalam acara tersebut.

 (BACA JUGA: Jangan Sedih, Ini 4 Langkah Atasi Kerusakan Rambut)

Menyisir rambut dengan sisir bergigi jarang

Menggunakan sisir berukuran tebal saat menyisir rambut membuat kondisi rambut menjadi rusak. Gunakan sisir bergigi jarang sehingga tidak membuat rambut kusut dan kulit kepala menjadi lebih relaks.

Menggunakan hijab dengan material yang nyaman

Para hijabers perlu memiliki hijab yang tepat agar menyerap keringat serta mencegah ketombe. Salah satu bahan yang nyaman dan ramah untuk rambut dan kulit kepala adalah katun.

 (BACA JUGA: Usir Bau Tak Sedap pada Rambut, Keramas Saja dengan Jus Bawang Putih!)

Penuhi kebutuhan nutrisi rambut dengan perawatan yang tepat

Selain menggunakan sampo dan kondisioner khusus wanita berhijab, kebutuhan nutrisi rambut juga perlu ditunjang dengan melakukan perawatan yang tepat. Misalnya, scrub kulit kepala yang berfungsi membersihkan kulit kepala dari ketombe, sel kulit mati, dan bau tidak sedap; masker rambut yang berguna melembapkan batang rambut dan menyeimbangkan kadar minyak pada kulit kepala.

“Awal-awal aku pakai jilbab rasanya memang gerah, apalagi aku sering melakukan aktivitas di luar ruangan sehingga kulit kepala menjadi lebih mudah berkeringat. Aku juga mengalami kerontokan rambut, belum lagi kulit kepala cukup sensitif. Salah satu perawatan rambut yang aku lakukan adalah dengan pakai scrub kulit kepala dan masker rambut. Satu bulan sekali aku pasti ke salon,” tutur aktris Dhini Aminarti, yang dijumpai dalam lokasi dan acara yang sama.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini