Image

OKEZONE WEEK-END: Mahkota Pengantin Tradisional Indonesia yang Super Mewah dan Berat

Annisa Amalia Ikhsania, Jurnalis · Minggu 06 Agustus 2017, 10:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 06 194 1750623 okezone-week-end-mahkota-pengantin-tradisional-indonesia-yang-super-mewah-dan-berat-okJnrZWigR.gif Mahkota pengantin tradisional (Foto: Instagram )

INDONESIA merupakan negara yang penuh dengan keanekaragaman budayanya. Bila ingin melihat bukti keanekaragaman budaya Indonesia dari sudut pandang lain, coba tilik gaya pernikahan tradisional Indonesia.

Ya, salah satu yang unik dan menjadi daya tarik pernikahan tradisional Indonesia adalah penggunaan beragam atribut yang melengkapi penampilan mempelai wanita dan pria. Dari Aceh sampai Papua, hampir setiap pengantin wanita tampil dengan aksesori mahkota di kepalanya. Meski cantik dipandang, namun hal ini tak sebanding dengan kenyamanan yang dirasakan. Pasalnya, hampir semua aksesori kepala yang dikenakan itu memiliki berat yang tidak ringan.

Nah, berikut ini adalah beberapa di antaranya aksesori kepala pengantin dari Nusantara yang super mewah, sebagaimana dirangkum Okezone.

BACA JUGA:

Kebaya Cantik Raisa Hingga Laudya Cynthia Bella yang Bisa Jadi Inspirasi Tampil Anggun di Hari Lamaran 

Deretan Kebaya Pengantin dengan Sentuhan Modern yang Bisa Jadi Inspirasi Menikah Tahun 2017

Siger Sunda

Siger merupakan salah satu mahkota yang biasa dipakai oleh pengantin Sunda. Mahkota ini memiliki filosofi yang berarti kearifan, kehormatan, dan sikap bijak yang harus dijunjung tinggi. Bentuk mahkota yang menempel pada dahi ini dipercantik dengan lima buah cucuk serta untaian bunga melati di belakang mahkota. Untuk berat Siger Sunda ini diketahui bisa mencapai 2 kilogram, loh!

Mahkota pengantin Betawi

Dalam pernikahan adat Betawi, sang pengantin wanita akan menggunakan sebuah mahkota yang merupakan percampuran berbagai unsur budaya, yakni China, Arab, dan Belanda. Hiasan kepala pengantin yang bernuansa budaya Cina terdiri atas siangko kecil atau sisir galu yang terinspirasi oleh cadar khas Arab. Siangko akan dipasangkan dengan jepit berbentuk burung hong. Burung hong sendiri diambil dari kebudayaan China. Ada pula beberapa cucuk kembang goyang yang tersemat di bagian sanggul.

Solo Putri

Untuk pernikahan tradisional Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Yogyakarta memang tidak menggunakan mahkota berukuran besar. Namun, jangan sangka keseluruhan tata rambutnya bisa mencapai 2-2.5 kilogram lantaran bentuk sanggul dan dihiasi oleh ronce melati panjang bernama tibo dodo dan 5-9 cunduk mentul.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini