4 Tips Ampuh Menghilangkan Bau Tanah pada Bandeng, Pakai Cuka

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 14:24 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 07 298 1751148 4-tips-ampuh-menghilangkan-bau-tanah-pada-bandeng-pakai-cuka-Slvu3aAFpy.jpg Menghilangkan bau tanah pada bandeng (Foto:Okezone)

MENGHILANGKAN bau tanah bandeng memang bukan perkara yang mudah. Jika tidak dimasak dengan benar, bau tanah akan tetap terasa meski Anda telah menggunakan berbagai resep olahan bandeng terbaik. Bau tanah ini biasanya berasal dari lingkungan budidaya bandeng yang dipenuhi oleh tanah maupun lumpur.

Oleh karena itu, dibutuhkan beberapa teknik khusus agar bau tanah pada bandeng bisa hilang saat disajikan. Tidak perlu khawatir! Okezone telah merangkum beberapa tips menghilangkan bau tanah bandeng yang bisa Anda coba di rumah. Dilansir dari berbagai sumber, Senin (7/8/2017), berikut ulasan lengkapnya.

BACA JUGA:

POP SUGAR: Lucunya Cupcakes Berkonsep Kepiting, Ayo Bikin Bareng si Kecil Bunda

Pasar Ikan Terbesar di Dunia Kebakaran, 7 Restoran Sushi Habis Dilalap si Jago Merah

Pilih ikan yang berkualitas

Salah satu faktor yang menyebabkan bandeng bau taneh adalah tempat ia dibudidayakan. Oleh karena itu, sebelum membeli bandeng, pastikan Anda mencium bandeng terlebih dahulu. Jika saat membelinya Anda sudah mencium bau tanah, pilihlah bandeng yang lain. Kalau perlu, Anda bisa membeli bandeng langsung dari tambaknya. Bandeng yang baru dipanen dari tambak biasanya tidak memiliki bau tanah.

Cuka

Setelah memilih bandeng yang berkualitas, langkah selanjutnya adalah menyiapkan cuka. Cairan berwarna bening ini memiliki aroma yang sangat menyengat dan dapat menyamarkan bau tanah pada bandeng. Sebelum menggunakan cuka, pastikan bandeng sudah di cuci dengan bersih, dan jangan lupa membersihkan bagian dalam berut dan sisiknya. Setelah itu, oleskan cuka pada seluruh permukaan badeng, lalu diamkan selama kurang lebih 20 menit. Kemudian cuci kembali bandeng hingga bersih. Ikan banden pun siap untuk diolah.

Garam

Tidak hanya cuka, Anda juga bisa menggunakan garam untuk menghilangkan bau tanah pada bandeng. Seperti diketahui, garam memang sering digunakan untuk proses pengawetan ikan laut agar dapat bertahan lebih lama. Selain itu, garam juga bisa dijadikan rendaman untuk menghilangkan bau bandeng. Caranya pun cukup mudah. Anda hanya perlu mencampurkan garam, kunyit, dan air dengan perbandingan yang cukup. Perlu diingat, sebelum Anda merendam bandeng, bersihkan dulu isi perut dan sisiknya. Setelah itu, rendam bandeng selama kurang lebih 1 jam, lalu bilas hingga bersih. Mudah bukan?

BACA JUGA:

Pasar Ikan Terbesar di Dunia Kebakaran, 7 Restoran Sushi Habis Dilalap si Jago Merah

Rempah

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan tanaman rempah-rempah. Bumbu masakan ini juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan bau tanah pada bandeng dan mengolahnya menjadi hidangan yang lezat. Salah satu resep yang bisa Anda coba di rumah adalah pepes bandeng. Untuk hidangan ini, rempah-rempah yang sering digunakan antara lain bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, serai, dan kencur. Selain itu, peggunaan daun pisang juga bisa memberikan aroma harum, terlebih ketika pepes dibakar.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini