nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dibekukan Bisa Membuat Roti Tahan Lebih Lama, Juga 4 Tips Lainnya

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 09:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 07 298 1751346 dibekukan-bisa-membuat-roti-tahan-lebih-lama-juga-4-tips-lainnya-Wu8A2CuFXL.jpg Cara agar roti tahan lama (Foto:Barkeleywellness)

SUDAH menjadi rahasia umum bahwa roti yang memiliki kualitas terbaik, cenderung lebih cepat kadaluarsa dibandikan olahan roti lainnya. Agar roti tetap renyah dan lezat, ternyata ada beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan di rumah.

Salah satunya dengan memperhatikan tempat penyimpanan roti. Kudapan yang satu ini memang harus disimpan di tempat yang memiliki sirkulasi udara baik dan juga tidak lembab. Penasaran, bagaimana cara menyimpan roti agar lebih tahan lama? Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari Epicurious, Selasa (8/8/2017).

BACA JUGA:

RESEP NENEK: Pilihan Variasi Menu Ikan, Yuk Bikin Pindang Patin dan Bandeng

Netizen Kritik Kendall Jenner karena Tidak Beri Tip ke Bartender

Bekukan roti

Sejauh ini, membekukan roti merupakan cara terbaik untuk mengawetkan roti agar tekstur dan rasanya tetap terjaga. Membekukan roti dipercaya ampuh memperlambat proses staling. Nah, Aapabila Anda ingin mengolah roti, cukup hangatkan di dalam microwave atau oven. Sebelum Anda memasukkan roti ke dalam freezer, letakkanlah roti di dalam wadah kedap udara atau zip-top bag. Ini akan membuat umur roti menjadi lebih lama yakni dua hingga tiga bulan.

Simpan di dalam kotak roti

Menyimpan roti di dalam kotak khusus atau breadbox juga ampuh untuk menjaga kualitasnya. Namun, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum melakukannya. Pertama, pastikan Anda menyimpan kotak roti berukuran besar untuk memungkinkan terjadinya sirkulasi udara. Beberapa ahli makanan menyarankan menggunakan kotak roti yang terbuat dari keramik atau bambu agar teksturnya terjaga dengan baik.

 

Bungkus roti dengan alumunium foil atau plastik

Jika Anda memutuskan untuk menyimpan roti di atas meja makan, bungkus lah makanan tersebut dengan alumunium atau plastik agar tidak cepat basi. Namun perlu diingat, cara ini akan memengaruhi kerenyahannya karena plastik dan alumunium dapat menciptakan suhu lembab yang akan mempengaruhi tekstur roti.

BACA JUGA:

Netizen Kritik Kendall Jenner karena Tidak Beri Tip ke Bartender

Makan Oatmeal Setiap Hari, Keluarga Ini Dapat Rekor Guinness sebagai Keluarga Paling Panjang Umur Sedunia!

Jangan masukkan ke kulkas jika tidak terpaksa

Lemari es merupakan alat pengawet makanan yang paling revolusioner sepanjang abad ke-20. Alat ini dapat mengawetkan sayuran, susu, dan bahan makanan lainnya. Menurut McGee, penulis On Food & Cooking, meletakkan roti di dalam kulkas justru dapat mempercepat pembusukkan makanan tersebut hingga 6 kali lebih cepat dibandingkan menyimpannya di atas meja makan. Kecuali Anda menyimpan roti yang diolah menggunakan bahan pengawet.

 

Tidak semua roti memiliki masa kadaluarsa yang sama

Roti yang mengandung lemak seperti challah dan brioche cenderung lebih tahan lama dibandingkan roti jenis baguette. Dalam arti lain, harus dilakukan tindakan khusus untuk mengawetkan kedua makanan tesebut. Namun, seteliti apapun Anda menyimpan roti, pada akhirnya ia akan basi juga. Jangan dibuang dulu. Roti yang telah melewati masa kadaluarsa sebetulnya tetap Anda gunakan untuk membuat berbagai hidangan lezat seperti crouton, atau panzanella.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini