Share

Luar Biasa, Nasi Jaha Terpanjang di Indonesia Sepanjang 12 Kilometer Ada di Tomohon

Subhan Sabu, Okezone · Senin 07 Agustus 2017 18:32 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 07 298 1751377 luar-biasa-nasi-jaha-terpanjang-di-indonesia-sepanjang-12-kilometer-ada-di-tomohon-u7Keh9i0BX.jpg Nasi Jaha terpanjang 12 kilometer (Foto:Subhan)

PENYAJIAN nasi jaha (kuliner tradisional) sepanjang 12 kilometer di Kota Tomohon, Sulawesi Utara (Sulut) berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) untuk kategori penyajian nasi jaha terpanjang.

"Rekor dunia nasi jaha terpanjang 12 kilometer yang memecahkan rekor MURI sebelumnya yaitu nasi jaha terpanjang 10 kilometer di Ternate, Maluku Utara tahun 2013," ujar Wadir MURI, Osmar Semesta Susilo, Senin (7/8/2017).

Penyajian nasi jaha sepanjang 12 kilometer tersebut diletakkan dengan cara sambung-menyambung di atas aspal yang dilapisi daun pisang di sepanjang Jalan Kelurahan Lansot Kecamatan Tomohon Selatan dengan menghabiskan sekitar 21 ribu ruas bambu nasi jaha.

BACA JUGA:

5 Rahasia Bikin Ayam Bakar Lezat, Empuk & Beraroma Wangi, Potongan Ayam Berpengaruh!

FOOD PARTY: 5 Restoran Sushi Terbaik di Dunia, Anda Ingin Coba yang Mana?

Penyajian nasi jaha sepanjang 12 kilometer tersebut merupakan salah satu dari kegiatan Tomohon Internasional Flower Festifal (TIFF) 2017.

"Pemecahan rekor MURI ini dikerjakan oleh seluruh lapisan masyarakat, dari 44 kelurahan yang ada di Kota Tomohon 337 ribu masyarakat di Kota Tomohon yang menyiapkan, mereka bergotong royong, ada yang masak bersama-sama, ada juga yang dikumpulkan perkeluarga," ujar Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak.

Penyajian nasi jaha sepanjang 12 kilometer tersebut mengundang perhatian ribuan warga dan wisatawan. Mereka sejak siang berdesak-desakkan di tepi jalan yang menjadi rute penyajian nasi jaha walaupun sempat diguyur hujan.

 

Nasi jaha bahan bakunya berupa beras Ketan, Santan, Jahe, Daun Pisang muda dan bambu. Proses pembuatannya beras dimasukan dalam satu ruas bambu yang telah dilapisi daun pisang muda kemudian diisi dengan air santan kelapa selanjutnya dibakar di atas bara api hingga matang.

BACA JUGA:

4 Tips Ampuh Menghilangkan Bau Tanah pada Bandeng, Pakai Cuka

POP SUGAR: Hari Libur, Ajak Anak-Anak Bikin Cake Cokelat Truffle untuk Camilan

Seorang pengunjung asal Minahasa yang sudah lama menetap di Jakarta bernama Deyce Mawuntu mengatakan bahwa warga Tombulu (bahasa daerah Minahasa) yang ada di Jakarta membentuk perkumpulan dan kami mengkoordinir semua untuk pulang kampung menyaksikan rangkaian kegiatan TIFF 2017.

"Kami bangga sebagai orang Tombulu yang ada dirantau bahwa kota Tomohon sekarang rekor dunia, tentu kami bangga karena nasi jaha merupakan makanan khas, makanan tradisional ini harus kita pelihara dan lestarikan untuk anak cucu," ujar Deyce

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(ndr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini