nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Suku di Pedalaman Kalimantan Tak Cuma Dayak, tapi Juga Ada Manusia Berbuntut!

Annisa Aprilia, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 08:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 07 406 1750937 suku-di-pedalaman-kalimantan-tak-cuma-dayak-tapi-juga-ada-manusia-berbuntut-OSBmNJACMw.jpg Manusia Berbuntut (Foto: National Geografhi)

INDONESIA merupakan negara kepulauan yang terdiri atas berbagai macam suku bangsa dan bahasa. Beragam kebudayaan, kebiasaan dan adat istiadat ada di tanah Indonesia. Keberagaman membuat Tanah Air tercinta ini indah dengan segala perbedaannya. Hal tersebut juga yang membuat wisatawan dari mancanegara maupun domestik terpikat dengan keindahan dan keberagaman yang Indonesia punya.

Jumlah suku bangsa yang ada di Indonesia berjumlah ribuan. Diantara dari mereka ada yang sudah mengadopsi kebiasaan modern, namun tidak sedikit pula yang tetap mempertahankan segala kebiasaan tradisional yang telah dilakukan sejak zaman nenek moyang mereka. Salah satu suku yang tidak biasa ada di Indonesia ialah Suku Boentoet atau Orang Boentoet.

(Baca Juga: Pulau Terbesar Dihuni 56 Ribu Penduduk)

Sama seperti namanya, Orang Boentoet merupakan ras manusia yang berekor. Mereka dulu menghuni pemukan Kesultanan Pasir dan Tepian Sungai Teweh, pedalaman Kalimantan. Penemuan Orang Boentoet awal kali dilihat oleh seorang abdi bernama Tjiropon yang juga orang kepercayaan Sultan Aji Muhannad Sulaiman.

Tjiropon melihat sosok manusia dengan ekor dan mampu mendeskripsikannya di depan sang sultan dan para pangeran serta Carl Bock, seorang penjelajah dan peneliti berkebangsaan Norwegia. Ia berkata kepala suku manusia berekor penampilannya luar biasa, matanya berwarna putih, memiliki ekor sekira lima hingga 10 sentimeter. Tidak hanya itu, Suku Boentoet juga harus melubangi lantai rumah mereka agar bisa duduk dengan nyaman, dikutip dari National Geographic, Senin (7/8/2017).

Penampilan fisik Orang Boentoet sangat berbeda dari suku-suku yang ada di Indonesia pastinya. Mereka memiliki raut muka yang sangar, kulit cokelat, dan mata yang tajam. Orang Boentoet juga jadi salah satu suku yang misterius bagi masyarakat Indonesia dan peneliti peradaban dunia. Pasalnya, dari banyak kabar yang beredar, Orang Boentoet merupakan jenis manusia kanibal, ada pula yang mengatakan hanya orang berkemampuan khusus saja yang dapat melihat Orang Boentoet, dan kekeliruan lainnya yang ditemui oleh Carl Bock selama pencarian dan penelitian Orang Boentoet.

(Baca Juga: Jokowi Kaget Ada Lukisannya di Museum Bali, Sedang Minum Jamu)

Hingga kini, belum ada kabar terbaru lagi perihal Suku Boentoet yang misterius dan unik itu. Semoga dimanapun mereka berada, kesejahteraan dan kedamaian mereka selalu dapat dirasakan selalu.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini