nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

SHARE LOC: 3 Air Terjun Terindah di Lombok, Tiu Kelep Salah Satunya!

Tentry Yudvi, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 11:15 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 07 406 1750985 share-loc-3-air-terjun-terindah-di-lombok-tiu-kelep-salah-satunya-vzGuYTwSy0.jpg Air Terjun Mayang Putek (Foto: IndonesiaTravel)

SAAT banyaknya wisatawan traveling ke Lombok untuk menikmati keindahan wisata alam pantainya. Anda bisa loh mencoba pertualangan dengan menelusuri air terjun.

Kekayaan alam yang dimiliki Lombok begitu melimpah termasuk kehadiran air terjunnya. Pesona keindahan airnya akan membuat Anda semakin semangat dan juga bersemangat menelusuri keindahan alam penasaran seperti apa? berikut ulasannya sebagaimana dikutip dari Indonesiatravel, Senin (7/8/2017).

(Baca Juga: Suku di Pedalaman Kalimantan Tak Cuma Dayak, tapi Juga Ada Manusia Berbuntut!)

Air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep


Terselip di desa Senaru di sebelah Lombok Utara, air terjun Sendang Gile dan Tiu Kelep, terletak di kaki Gunung Rinjani yang megah. Desa ini terletak sekitar 2 ½ jam perjalanan dari Mataram, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat. Menurut masyarakat setempat, nama Tiu Kelep diambil dari bahasa Sasak. "Tiu" berarti kolam renang, dan "Kelep" berarti terbang.

Sementara itu, nama Sendang Gile diambil dari sebuah legenda yang menceritakan tentang seorang pangeran yang dikejar oleh singa yang gila. Dia berlari ke hutan dan bersembunyi di balik air terjun, maka nama Sendang Gile. Hanya membutuhkan waktu 15 menit berjalan kaki dari pintu masuk untuk melihat air terjun Sendang Gile yang luar biasa, yang merupakan kelanjutan dari air terjun Tiu Kelep.

Air terjun Benang Stokel dan Benang Kelambu

Terletak di Kabupaten Lombok Tengah, hanya satu setengah jam berkendara dari pantai Senggigi, Benang Stokel dan Benang Kelambu dengan jarak satu kilometer. Pemandangan unik yang harus-lihat dari air terjun ini adalah bahwa air yang mengalir dari tebing yang melewati bebatuan bergerigi, Anda juga bisa melihat pemandangan menarik air yang mengalir di antara tanaman yang rimbun.

Nama Benang Setokel berarti seikat benang. Air terjun ini terdiri dari dua tingkat dan masing-masing air nya memiliki tinggi 20 meter. Air berasal dari sungai hulu di Gunung Rinjani. Di sini, Anda bisa bermain dan bermain-main di kolam yang menyatukan hujan deras.

(Baca Juga: Ada Manusia Berbuntut di Pedalaman, Seperti Apa?)

Air Terjun Mayang Putek

Meski pun Lombok memiliki puluhan air terjun yang menakjubkan, air terjun Mayang Putek adalah yang paling unik dari semuanya. Mengapa? Karena airnya mengandung belerang yang dipercaya penduduk setempat memiliki khasiat penyembuhan karena airnya berasal langsung dari Gunung Rinjani. Air terjun setinggi 60 meter ini terletak di desa Bilok Petung di Kabupaten Sembalun, Kabupaten Lombok Timur.

Seperti banyak nama air terjun Indonesia, nama Mayung Putek terkait dengan legenda setempat. Dulu di lokasi ini, rusa putih sering terlihat mandi atau minum, maka nama Mayung Putek, yang secara harfiah berarti "Stag Putih". Perjalanan ke air terjun menghabiskan waktu sekitar 30 menit turun tangga, melewati sebuah bukit dan kemudian menyeberangi sungai.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini