nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Beragam Posisi Ideal untuk Melihat "Pintu Neraka" di Hawaii

Tentry Yudvi, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 12:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 07 406 1751003 beragam-posisi-ideal-untuk-melihat-pintu-neraka-di-hawaii-TylI0OVVaO.jpg Gunung Merapi Kilauea, Hawaii (foto: Shutterstock)

HAWAII selama ini terkenal tak hanya karena pantai cantiknya saja, tetapi juga dengan keindahan Kilauea yang terkenal karena kawah lahar di tengah gunung api. Panorama unik seperti ini pun jarang ditemukan di dunia.

Wisatawan yang pernah ke sana bahkan menyebut kawah lahar tersebut sebagai gerbang "pintu neraka". Anda pun harus berhati-hati saat travelling ke sini, karena nyawa bisa saja terhempas ketika jatuh ke tepian lubang lahar.

(Baca Juga: Suku di Pedalaman Kalimantan Tak Cuma Dayak, tapi Juga Ada Manusia Berbuntut!)

(foto: Instagram/@chriscorby63)

Bahkan ketika suhu sedang tinggi, lahar dari lubang tersebut bisa memberikan cipratan api sehingga sangat berbahaya jika Anda terkena api tersebut. Kulit sudah pasti akan terbakar.

(Baca Juga: 5 Pulau Misterius dan Tersembunyi seperti di Film King Kong)

Nah, jika penasaran dengan keindahan lahar Kilauea ini, berikut ada rekomendasi posisi ideal untuk melihat keindahan kawah lahar yang bisa Anda coba. Sebagaimana dilansir dari Cntravel, Senin (7/8/2017).

Ada banyak pilihan untuk melihat "pintu neraka" di Kilauea dengan dekat. Pertama, Anda bisa melihat secara dekat jika berkunjung ke deck observasi di Volcano House dan menjelajahi jalur kereta gantung. Letupan besar dari lahar bisa terlihat ketika berada di sini.

(Baca Juga: Sederet Fenomena Alam hingga Keindahan Kota yang Bikin Melongo)

Namun, jika ingin lebih dekat melihat erupsi di puncaknya, Anda bisa pergi ke Museum Jaggar. Jaraknya hanya 1 mil dari "pintu neraka" Kilauea. Hawa panas dari lahar pun bisa Anda rasakan di sini.

(foto: Instagram/@alexandre.socci)

Ada juga pilihan lainnya seperti mendaki. Dengan mendaki, Anda bisa lebih dekat dengan lahar, hanya perlu berjalan sejauh 8-10 mil dari Kalapana. Namun, Anda harus lebih berhati-hati ketika berada lebih dekat dengan lahar.

Sebab, beberapa waktu lalu pernah 10 wisatawan terluka akibat terkena lahar ketika ada hujan bebatuan api. Selain itu penyanyi Ed Sheeran pun pernah merasa kulitnya melepuh ketika berada dekat kawah lahar.

(Baca Juga: Tsumago, Spot Paling Sempurna untuk Rasakan Suasana Tempo Dulu di Jepang)

Alasan lainnya selain keamanan, orang Hawaii juga mempercayai jika secara fisik lahar tersebut merupakan wujud Dewa Api. Maka dari itu, berdekatan dengan lahar atau melakukan tindakan bodoh seperti memasak merupakan hal yang tidak dihormati.

Di samping beragam pilihan destinasi. Banyak traveller juga menyarankan untuk datang ketika pagi hari atau tengah malam untuk mendapatkan pemandangan terbaik.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini