nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kuil Meenakshi Punya Patung Warna-warni nan Instagenic di India

Tentry Yudvi, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 09:25 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 07 406 1751432 kuil-meenakshi-punya-patung-warna-warni-nan-instagenic-di-india-0vEeqQ5EAu.jpg Kuil Meenakshi, India (foto: Dbimages/Alamy Stock Photo)

INDIA memiliki banyak kuil dan juga candi ciamik. Di antara ratusan situs rupanya ada juga yang menarik untuk diajak berfoto karena keunikan bangunannya ialah Kuil Meenakshi yang berlokasi di tengah kota tua Madurai.

Situs ini memiliki tinggi hingga 20 kaki sehingga begitu mencolok ketika menyambangi Madurai. Anda akan terpaku melihat monumen yang dindingnya dihiasi dengan patung berwarna-warni.

(Baca Juga: Tips & Trik Travelling Murah ke Luar Negeri saat Musim Liburan)

Kuil ini juga menjadi bangunan terbesar di sepanjang kompleks kota tua tersebut. Dan, situs Meenakshi juga menjadi salah satu destinasi wisata religi bagi umat Hindu di seluruh penjuru dunia. Bentuknya sangat unik dan juga asyik untuk ditelusuri.

(foto: Dbimages/Alamy Stock Photo)

Kuil ini didedikasikan untuk Dewi Meenakshi yang merupakan salah satu dewa dalam ajaran agama Hindu. Dan, bangunan pun menjadi salah satu situs yang diperuntukkan untuk Perempuan suci. Meenakshi sendiri mewakili simbol cinta dan kesuburan. Dan, beliau dikenal sebagai mata iman karena kesempurnaan lekukan matanya.

(Baca Juga: Beragam Posisi Ideal untuk Melihat "Pintu Neraka" di Hawaii)

Patung-patung hewan, dewa dan iblis biasanya dicat ulang dan diperbaiki setiap 12 tahun sekali. Kuil menjadi tempat untuk merayakan kasih sayang antara Meenakshi dan kekasihnya Sundareshvara atau dewa Shiva. Setiap malam Sundareshvara pergi ke kasur perak Meenakshi untuk melakukan prosesi ritual sebelum ibadah di pagi hari.

Kuil ini menjadi simbol dari Dravidian yang dikenal dengan bentuk menara khasnya yang strukturnya mirip seperti pillar. Hal paling unik , situs ini memiliki empat pintu masuk. setiap pintu menunjukkan memiliki simbol burung kardinal.

(Baca Juga: Suku di Pedalaman Kalimantan Tak Cuma Dayak, tapi Juga Ada Manusia Berbuntut!)

(foto: Imagerbroker/Alamy Stock Photo)

Tempat ibadah orang Tamil Hindu ini sudah didirikan sejak abad 600 C.E , sebelumnya pernah dirobohkan oleh umat Muslim di tahun 1300 an. Kemudian setelah 250 berlalu, situs suci tersebut dibangun kembali di abad 16 dengan struktur luar biasa.

Dilansir dari Nationalgeographic, Selasa (8/8/2017), banyak yang menyadari jika kuil Meenakshi dikenal sebagai tempat terbaik untuk mengenal sejarah dan budaya orang Tamil. Kuil ini juga di kelilingi dengan kolam-kolam menawan dan sejuk.

(Baca Juga: 5 Pulau Misterius dan Tersembunyi seperti di Film King Kong)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini