nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Tips Atasi Insomnia, Mulai dari Bangun Pagi Teratur hingga Hindari Nonton TV Sebelum Tidur

Dewi Kania, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 12:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 07 481 1751055 6-tips-atasi-insomnia-mulai-dari-bangun-pagi-teratur-hingga-hindari-nonton-tv-sebelum-tidur-1VwfcbLF9B.jpg Ilustrasi (Foto: Urbanwomen)

SESEORANG yang menjalani gaya hidup tidak sehat orang bisa mengalami insomnia. Kalahkan kebiasaan buruk ini agar tak berisiko menderita penyakit berbahaya.

Insomnia menyebabkan banyak penyakit, termasuk gangguan jantung, stroke, kanker, hingga penyakit pembuluh darah lainnya.

(Baca Juga: Menderita Insomnia, Haruskah Minum Obat Tidur?)

Dilansir WebMD, Senin (7/8/2017), berikut adalah enam langkah mengatasi insomnia di malam hari. Ini dia ulasannya yang Anda harus tahu.

Bangun pada waktu yang sama setiap hari

Setiap menderita insomnia Anda bisa mengatasinya dengan bangun pagi di waktu yang sama. Baik itu saat Anda bekerja dan waktu akhir pekan. Biasakan jam tidur malam teratur agar tak terganggu.

(Baca Juga: Anda Alami Insomnia? Tentukan Tujuan Hidup Bantu Anda Tidur Nyenyak Loh)

Mengurangi alkohol dan kafein

Efek kafein dapat mempengaruhi waktu tidur Anda. Jangan kelebihan minuman berkafein apalagi saat malam hari. Anda bisa menyebabkan kesulitan tidur. Begitu juga dengan minuman beralkohol karena mempengaruhi waktu tidur.

(Baca Juga: Cara Mudah Mengatasi Sulit Tidur, Konsumsi 5 Makanan Ini!)

Jangan tidur siang berlebihan

Saat siang hari Anda diperbolehkan tidur. Tapi jangan terlalu lama karena bisa menyebabkan tidak mengantuk di malam hari. Maksimal tidur siang satu jam agar membuat tubuh lebih bugar.

Olahraga teratur

Melakukan olahraga secara teratur bisa meningkatkan kualitas tidur dan durasi. Tapi janganlah berolahraga berlebihan malam hari karena membuat tubuh sakit. Lakukan olahraga teratur di sore hari agar tubuh tetap bugar.

Hindari menonton televisi

Jangan menonton televisi di waktu sebelum tidur. Banyak faktor yang mempengaruhi kebiasaan ini. Belum lagi cahaya lampu dari televisi membuat kondisi mata terganggu. Maka matikan televisi sebelum tidur agar tak mengganggu waktu Anda.

(Baca Juga: Gaya Hidup Modern dan Urbanisasi, Penyebab Anda Alami Insomnia?)

Jangan makan berat

Makanan tinggi karbohidrat bisa membuat Anda mengalami gangguan tidur. Karena tinggalkan makanan yang bisa mengganggu pencernaan. Seperti nasi, sambal pedas, junk food, gorengan, minuman kemasan dan lainnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini