nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

AWAS! Pria yang Mengonsumsi Banyak Gula Berisiko Mengalami Depresi

Tiara Putri, Jurnalis · Senin 07 Agustus 2017 14:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 07 481 1751119 awas-pria-yang-mengonsumsi-banyak-gula-berisiko-mengalami-depresi-aufXlA5Fze.jpg Ilustrasi (Foto: Express)

MENGONSUMSI makanan terlalu manis biasa dikaitkan dengan risiko diabetes. Tapi tahukah Anda bahwa terlalu banyak makan makanan yang mengandung gula juga bisa membuat depresi. Hal ini diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Institute of Epidemiology and Health, University College London.

Para peneliti menganalisis lebih dari 5.000 pria dan lebih dari 2.000 wanita tentang asupan gula dan gangguan mental. Para partisipan diminta mengisi kuesioner yang berisikan informasi tentang frekuensi mengonsumsi makanan yang mengandung gula.

(Baca Juga: Banyak Konsumsi Makanan Manis Bisa Bikin Gelisah)

Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 23% pria yang mengonsumsi lebih banyak gula lebih berisiko mengalami penyakit jiwa termasuk kecemasan dan depresi dibandingkan pria yang mengonsumsi kurang dari 39,5 g.

“Makanan tinggi gula memiliki sejumlah pengaruh pada kesehatan tubuh. Tapi berdasarkan hasil penelitian kami, konsumsi gula berlebih juga berkaitan dengan gangguan mood seseorang terutama di kalangan pria,” kata Anika Knuppel, salah seorang peneliti seperti yang dikutip dari Express, Senin (7/8/2017).

(Baca Juga: Ini Batas Aman Konsumsi Gula dalam Sehari)

Para peneliti menemukan bukti yang menunjukkan kesehatan mental sangat terpengaruh oleh asupan gula. Mereka yang mengonsumsi lebih banyak gula cenderung mengalami gangguan mental. Hal itu dikarenakan adanya peningkatan tambahan dari konsumsi gula yang berefek pada kesehatan mental.

(Baca Juga: Wow! Kurangi Konsumsi Gula Bikin Awet Muda Lho)

Seperti yang diketahui sebelumnya, makanan manis memang bisa mengembalikan perasaan positif seseorang bila dikonsumsi dalam jangka pendek. Sebaliknya, orang yang dalam jangka waktu panjang mengonsumsi makanan tinggi gula memiliki efek berlawanan pada kesehatan mentalnya.

Berdasarkan hasil penelitian, makanan tinggi gula baru akan berpengaruh pada kesehatan mental seorang pria bila dikonsumsi selama lima tahun. Namun hal ini tidak berpengaruh apabila makanan bergula hanya dikonsumi dalam jangka waktu kurang dari dua tahun.

(Baca Juga: Batasi Konsumsi Gula Bantu Turunkan Berat Badan)

Banyak faktor yang memengaruhi kemungkinan seorang pria memiliki masalah kesehatan mental salah satunya adalah makanan yang mengandung gula berlebih. Menurut seorang ahli nutrisi, Catherine Collins, depresi dan masalah kesehatan mental dipengaruhi oleh diet seseorang dengan berbagai cara.

Akan tetapi, hasil penelitian ini sepertinya belum berlaku untuk wanita. Penelitian tidak menemukan hubungan antara konsumsi gula dengan gangguan mood terhadap kesehatan mental seorang wanita. “Perlu diadakan penelitian lebih lanjut terhadap wanita,” ujar Knuppel.

Selain meningkatkan risiko depresi, konsumsi gula berlebih meningkatkan risiko serangan jantung, diabetes, obesitas, kanker pankreas dan prostat, serta sejumlah penyakit lainnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini