nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perhatikan! Ini 5 Peralatan Dapur yang Sering Lupa Dibersihkan, Salah Satunya Alat Pembuka Kaleng

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 13:05 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 08 298 1751724 perhatikan-ini-5-peralatan-dapur-yang-sering-lupa-dibersihkan-salah-satunya-alat-pembuka-kaleng-qkEZwUiaF1.jpg Pembuka kaleng (Foto: Mashed )

SAAT membersihkan rumah, area dapur pastinya tidak akan terlewatkan untuk dibersihkan secara seksama.

Akan tetapi, walaupun begitu pasti ada sederet peralatan atau perlengkapan yang berada di dapur yang sering kali terlupakan untuk dibersihkan. Padahal, semestinya selayaknya peralatan lain di rumah, perlengkapan di dapur ini pun idealnya harus rutin dibersihkan.

Apa saja sih sebenarnya peralatan di dapur yang kerap absen untuk dibersihkan? Mari baca ulasannya di bawah ini, agar tidak lagi menjadi lupa untuk membersihkan peralatan dapur tersebut.

BACA JUGA: COOKING GADGET: Pisau Sampai Tutup Panci, Deretan Alat Masak yang Tidak Boleh Dicuci dengan Mesin Dishwasher

Alat pembuka kaleng 

Alat mungil satu ini, disebutkan sebagai salah satu alat di dapur yang seringkali terlupakan untuk dibersigkan. Padahal, tahukah Anda bahwa bakteri seperti E.coli dan salmonella bisa mengendap di alat ini. Di mana jikalau dibiarkan begitu saja tidak dibersihkan, dapat menimbulkan resiko cukup berbahaya bagi kesehatan, terutama bagi anak-anak yang masih berusia dini. Mencuci alat pembuka kaleng, atau can openers ini sebetulnya tidak sulit loh! Cukup cuci di dalam air panas yang sudah dicampur dengan sabun.

 BACA JUGA: COOKING GADGET: 4 Alat Unik Ini Sebaiknya Dimiliki Pencinta Olahan Telur, Cetakan Telur Goreng Paling Penting

Karet blender 

Setelah menggunakan blender, baik untuk menghaluskan bahan makanan atau sekedar membuat minuman. Banyak orang yang sering lupa untuk membersihkan gasket, karet berbentuk bundar yang terletak di dasar blender yang berfungsi untuk menjaga agar cairan di dalam tabung blender tidak tumpah keluar. Seperti halnya alat pembuka kaleng, jika karet atau gasket ini kerap tidak dibersihkan maka pertumbuhan bakteri, jamur hingga kuman seperti E.coli dan salmonella sangat berpeluang besar untuk tumbuh dan berkembang biak. Cara mencuci gasket ini tidaklah sulit, cukup cuci di dalam air panas yang sudah dicampur dengan sabun.

Bundaran tabung pencuci piring 

Sering merasa wastafel pencuci piring Anda berbau tidak sedap? Mungkin hal tersebut dikarenakan oleh faktor kurang bersihnya cincin dalam tabung mini ( garbage disposal) penadah sampah. Hilangkan bau tidak sedap tersebut, dengan cara merendamnya di dalam campuran air cuka dan air.

BACA JUGA: Wow, Wajan Canggih Bisa Olah 5 Masakan Sekaligus

Tombol dan handle peralatan dapur

Semua handle atau pegangan dan tombol dalam peralatan dapur juga menjadi area yang sering absen untuk dibersihkan secararutin. Padahal mulai dari pegangan kulkas, pemutar alias handle kompor, hingga handle rak kerap terkena kontak dengan sesuatu dan tangan yang kotor setiap harinya. Tahukah, menurut sebuah studi hasil penelitian dari NSF International pada 2011 lalu, menyebutkan bahwa handle kompor berada di posisi nomor sembilan dalam daftar peralatan dapur paling kotor.

Maka dari itu, mulai sekarang rajinlah untuk membersihkan segala know alias handle dari semua peralatan di dapur dengan cara mengelapnya dengan kain yang dibasahkan oleh air cuka atau cairan sanitasi pembersih lainnya yang bisa mengurangi potensi pertumbuhan bakteri pathogen.

BACA JUGA: COOKING GADGET: 4 Penemuan Paling Aneh dari Jepang untuk Mudahkan Makan, Salah Satunya Sumpit Kipas Angin

Toples dengan pengerat karet 

Banyak orang yang sudah merasa yakin, bahwa wadah toples yang sudah dicuci maka sudah pasti bersih dan terbebas dari kuman. Padahal, sejatinya tidak hanya bagian dalam toples tetapi juga bagian tutupnya lengkap dengan pengerat karetnya. Cuci bersih semua bagian toples langsung dengan tangan, termasuk bagian tutup dan karet pengeratnya tersebut dengan air panas yang dicampur dengan sabun agar kuman dan bakteri yang tersembunyi bisa dibasmi. Demikian seperti diwarta Mashed, Selasa (8/8/2017).

(dno)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini