Share

FOOD STORY: Muasal si Kue Bulat Berlubang, Mulai Kue Goreng Asal Belanda hingga Santapan Kapten Kapal

Devi Setya Lestari, Okezone · Rabu 09 Agustus 2017 08:02 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 08 298 1751895 food-story-muasal-si-kue-bulat-berlubang-mulai-kue-goreng-asal-belanda-hingga-santapan-kapten-kapal-fYwduwngji.jpg Sejarah donat (Foto:Penobsot)

MENEMUKAN donat saat ini memanglah bukan hal sulit, berbagai versi donat kini dengan mudah dijajakan di berbagai tempat. Donat versi kampung ataupun donat mewah di toko premium bisa dipilih sesuai selera. Tapi tahukah Anda sejarah dan asal usul donat?

Dilansir dari berbagai sumber, donat merupakan kudapan yang sudah mendunia dan saking populernya donat sampai-sampai menimbulkan perdebatan tentang sejarah dan penemunya. Konon katanya donat dibawa ke Amerika Utara oleh imigran asal Belanda, namun ada juga yang mengklaim donat ditemukan oleh suku Indian Wampanoag.

BACA JUGA:

FOOD STORY: Menginjakkan Kaki di Pati Menjajal Lezatnya Nasi Gandul

FOOD STORY: Beseprah, Tradisi Makan Bersama Perekat Tali Silaturahmi ala Masyarakat Kutai

Di sisi lain menurut National Dunking Association of America (NDAA), donat pertama kali diciptakan oleh Hanson Crocket Gregory. Perdebatan inilah yang membuat donat hingga kini tidak jelas asal usulnya.

 

Sebuah pendapat mengatakan donat pertama kali diperkenalkan oleh seorang berdarah Belanda sekitar abad ke-19. Di negeri kincir angin ini donat dikenal dengan sebutan olykoek yang dalam bahasa Belanda memiliki arti kue minyak yakni kue yang dibuat dari adonan terigu yang digoreng dalam lemak.

Olykoek atau kue goreng mulai populer di New York dan New England pada abad ke-16 atau ke-17. Sejak saat itu, mulailah bermunculan kedai yang menyajikan kue ini. Beberapa orang juga senang menyantap kue ini bersama secangkir kopi hangat.

Toko kue pertama yang menjual olykoek ini adalah milik Anna Joralemon di NNew York sekitar tahun 1673. Dahulu kue ini belum berlubang.

Kemudian istilah donat muncul dari kata dough-nut yang menggambarkan kue donat berbentuk bola yang terbuat dari adoanan manis dan diolah dengan cara digoreng dalam minyak dan lemak babi.

BACA JUGA:

FOOD STORY: Menginjakkan Kaki di Pati Menjajal Lezatnya Nasi Gandul

FOOD STORY: Roti Musim Panas Dipanggang dengan Gelembung Mata Air Panas dari dalam Perut Bumi Islandia

Di sisi lain, donat juga dipercaya ditemukan ileh Hanson Crocket Gregory, seorang kapten kapal asal Denmark. Ketika sedang melakukan perjalanan di lautan, kapten Gregory tengah menjadi nakhoda di kapal menggunakan kedua tangannya. Saat itu sang kapten sedang menyantap sepotong kue goreng namun tiba-tiba badai menerjang, secara spontan sang kapten menancapkan kue ini pada jari-jari roda kemudi kapal.

Hal ini kemudian membuat kue gorengnya menjadi berlubang. Setelah badai berlalu, kapten melanjutkan kembali menyantap kuenya yang kini sudah berubah bentuk. Terkesan dengan hasil kreasi yang tak sengaja dilakukan, sang kaptem kemudian memerintahkan koki kapal untuk membuat roti goreng dengan lubang di bagian tengahnya.

Cerita ini kemudian melegenda dan terdengar hingga seluruh dunia, terlepas benar atau tidaknya toh masyarakat sudah menganggap kisah ini sebagai bagian dari asal usul dan sejarah donat.

Baca Juga: Masyarakat Depok Terbantu BLT BBM

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini