nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Astaga! Jutaan Telur Ayam Beracun Beredar di Jerman dan Belanda!

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 19:17 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 08 298 1751998 astaga-jutaan-telur-ayam-beracun-beredar-di-jerman-dan-belanda-lXoIa1SeSq.JPG Telur (Foto: Farmhouselife)

TELUR, menjadi salah satu bahan makanan pokok bagi banyak orang di berbagai penjuru dunia. Namun bagaimana jadinya jika salah satu bahan makanan pokok ini, ternyata mengandung sesuatu yang berbahaya jika dikonsumsi oleh manusia?

Kejadian inilah yang sedang dialami Jerman. Sebagaimana dikutip Thedailymeal, Selasa (8/8/2017) dilaporkan bahwa lebih dari 10 juta telur yang terkontaminasi dengan insektisida telah masuk dan beredar di Jerman dan Belanda. Bahkan diketahui sudah ada di supermarket seperti Aldi supermarket.

BACA JUGA: Menyimpan Telur Sebaiknya di Kulkas atau Suhu Ruang?

Dari laporan yang disebutkan oleh The Local, telur-telur itu diperoleh dari sebuah peternakan di Belanda. Di mana di dalam peternakan tersebut, telur memang disemprot insektisida sebagai solusi akan adanya serangan kutu yang memengaruhi hewan ternak ayam. Namun sayangnya, insektisida ini juga ikut masuk ke dalam telur.

BACA JUGA: Selaput Putih Tipis di Telur Rebus Ternyata Sumber Protein Tinggi dan Bisa Dimakan!

Sejauh ini, supermarket di Jerman seperti Aldi sudah melakukan tindak lanjut atas kejadian ini, dengan memberhentikan penjualan telur. Begitu juga dengan pusat toko lainnya yang menyetop datangnya pasokan telur apapun dari Belanda. Walau disebutkan, sebetulnya jumlah kandungan obat serangga yang ada pada telur tersebut tidak mematikan atau membayakan bagi orang dewasa, namun hal ini berbeda kasusnya jika dikonsumsi anak-anak.

Orang dewasa dikatakan mampu mengonsumsi 7 butir telur yang sudah terkontaminasi ini dalam kurun waktu 24 jam tanpa adanya efek samping apapun. Namun, jika anak-anak dengan berat di bawah 35 pound atau sekitar 15 kilogram akan ada dampak negatif bila mengonsumsinya.

BACA JUGA: Lihat Aksi Pemuda Thailand yang Nenggak 100 Telur Mentah!

Sementara itu, cabang supermarket Aldi yang juga berada di Swiss disebutkan juga telah menarik semua pasokan telur baru-baru ini. Sebagai upaya untuk menghentikan peredaran telur yang terkontaminasi obat serangga tersebut.

Sedangkan cabang Aldi yang di Inggris, tidak melakukan penarikan pasokan apapun karena untuk supermarket Aldi yang berada di Inggris, semua pasokan telur diperoleh langsung dari peternakan-peternakan yang ada di Inggris sehingga tidak ada peluang terjadinya bahaya telur yang terkontaminasi.

BACA JUGA: BACA JUGA: Lihat Aksi Pemuda Thailand yang Nenggak 100 Telur Mentah!

Untuk tindak lanjut, sejauh ini disebutkan proses investigasi lebih lanjut sedang digelar di Belanda dan Belgia dengan tujuan mengetahui kronologi jelas bagaimana proses kontaminasi telur tersebut sehingga bisa terjadi.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini