Share

FOOD PARTY: Mulai Shakshuka dari Afrika Utara hingga Egg Masala dari India, Sederet Olahan Telur Unik yang Siap Manjakan Lidah

Devi Setya Lestari, Okezone · Selasa 08 Agustus 2017 17:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 08 298 1752014 food-party-mulai-shakshuka-dari-afrika-utara-hingga-egg-masala-dari-india-sederet-olahan-telur-unik-yang-siap-manjakan-lidah-W8cdv25j0Z.jpg Olahan telur unik dari India (Foto:Mashed)

HANYA dibumbui dengan garam dan merica saja, telur bisa jadi santapan yang nikmat, apalagi diolah dengan berbagai bumbu tambahan. Nyatanya di berbagai negara, telur diperlakukan dengan sangat baik. Kolaborasi antara racikan bumbu dan teknik pengolahan membuat telur hadir dengan rasa yang lebih kaya.

Bukan hanya dibuat karena hasil kreasi modern sesaat, olahan telur ini sudah jadi makanan khas yang dibuat secara turun-temurun. Sebagai foodies tampaknya harus mencoba ragam olahan telur mulai dari shakshuka asal Afrika Utara, menemen asal Turki hingga egg masala yang rasanya eksotis asal India.

Dilansir dari Mashed, Selasa (8/8/2017) berikut penjelasan simpel seputar olahan telur dari berbagai negara.

BACA JUGA:

FOOD PARTY: Lebih Menggoda dari Telur Ceplok & Dadar, Sederet Olahan Telur Unik dari Berbagai Negara, di China Ada Telur Seabad!

URBAN FOOD: 3 Resep Roti Panggang Gurih, Pengganjal Perut saat Lapar di Sore Hari

Shakshuka, Afrika Utara

Shakshuka atau sering disebut shakshouka adalah hidangan khas dari Afrika Utara yang berasal dari Kerajaan Ottoman. Makanan ini juga umum dikonsumsi di seluruh daerah Timur Tengah dan Israel. Belum lama ini shakshuka dipuji khalayak dunia karena simple namun memiliki rasa yang bisa diterima siapapun. Aslinya shakshuka dibuat menggunakan campuran telur dan tomat. Namun sekarang masyarakat sering menambahkan berbagai bahan mulai dari sayuran, daging hingga keju.

Menemen, Turki

Turki patut berbangga dengan hidangan menemen. Hidangan tradisional berbahan dasar telur ini populer di Turki. Hidangan ini terdiri dari telur orak-arik yang dicampur dengan sayuran dan berbagai rempah. Biasanya menemen disantap bersama sepotong roti. Menemen bisa dibuat sesuai selera dengan mencampur telur dengan bayam, keju, daging dan bahan lainnya. Orang biasa makan menemen sebagai lauk makan siang.

Uova Al Pomodoro, Italia

Uova Al Pomodoro yang berasal dari Italia ini adalah makanan klasik asal Tuscany. Seperti kebanyakan hidangan asal Italia lainnya, uova Al Pomodoro juga diolah dengan campuran saus tomat khas Italia. Untuk membuatnya cukup sederhana yakni hanya mencampur telur dengan saus tomat yang kemudian dimasak dengan cara direbus hingga matang. Sebagai penambah rasa, olahan ini disajikan dengan taburan rempah dan bawang putih.

Mouillettes, Perancis

Banyak orang di Perancis sengaja menernak ayam agar bisa menikmati telur segar setiap hari. Telur bukan lagi tersaji sebagai hidangan sarapan tapi juga menu utama untuk makan siang dan makan malam. Makanan ini populer dengan sajian telur rebus yang disajikan dengan irisan tipis roti panggang yang dioles mentega.

BACA JUGA:

URBAN FOOD: 3 Resep Roti Panggang Gurih, Pengganjal Perut saat Lapar di Sore Hari

POP SUGAR: Keren, Parfait Ini Punya Tampilan bak Taman Zen di Jepang

Egg Masala, India

Egg masala sangat populer di India dan merupakan santapan lezat berbumbu kuat. Cita rasa kari dan rasa pedas pada olahan ini membuat banyak orang ketagihan dengan rasanya. Egg Masala biasa disajikan dengan nasi biryani dan pulao. Telur ayam diolah dengan bumbu yang bervariasi. Telur direbus kemudian dicampurkan dengan saus khas dan disajikan sebagai lauk bersama nasi.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini