nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

6 Rahasia Kenikmatan Jus Buah & Sayuran, Tambahkan Air Perasan Lemon!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 19:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 08 298 1752016 6-rahasia-kenikmatan-jus-buah-sayuran-tambahkan-air-perasan-lemon-fopU1c0Igp.jpg Kelezatan jus buah (Foto:Shutterstock)

AGAR olahan jus buah atau sayuran menjadi lebih lezat dan menggugah selera, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengolahnya. Mulai dari pemilihan bahan berkualitas, mencampurkan beberapa jenis buah-buahan, serta menambahkan bumbu tertentu, bisa Anda lakukan demi mendapatkan olahan jus yang sempurna.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut Okezone rangkumkan beberapa tips mengolah jus, sebagaimana dikutip dari buku 124 Tips Membuat Urusan Rumah Tangga Jadi Gampang dan Irit,karya Windya Novita, Selasa (8/8/2017).

BACA JUGA:

POP SUGAR: Keren, Parfait Ini Punya Tampilan bak Taman Zen di Jepang

Survei Membuktikan, Pizza Jadi Makanan Favorit untuk Kencan Kilat!

Perhatikan kualitas bahan

Pilih buah yang masak dan segar agar Anda mendapatkan rasa yang sempurna. Buah yang terlalu muda biasanya akan menghasilkan jus berwarna pucat dan memiliki rasa asam yang tajam. Sementara itu, buah yang terlalu matang biasanya bertekstur terlalu lunak dan beraroma sangat menyengat. Untuk jus sayuran, pilih sayuran segar dan cuci bersih sebelum menghaluskan atau memerasnya.

Variasikan bahan

Penampilan jus akan lebih menarik jika dikombinasikan denganbuah-buahan berbeda warna, misalnya semangka dengan nanas dan melon. Gradasi warna merah,kuning, dan hijau akan membuat penampilan jus semakin menggoda selera. Jangan takut mengombinasikan buah-buahan dengan rasa dan aroma kontras, misalnya durian dengan sirsak atau jeruk. Namun, jangan mencampur buah dengan aroma yang sama-sama tajam atau kuat, seperti nangka dengan durian.

Tambahkan air jeruk lemon

Tambahkan beberapa sendok makan air jeruk lemon saat memblender semua jenis buah. Selain memberikan sensasi rasa asam segar, air jeruk juga membantu menghilangkan aroma dan rasa kurang enak pada buah-buah tertentu, seperti alpukat, pepaya, dan jambu biji.

Perhatikan teknik pengolahan

Sebagian orang selalu membuat jus dengan cara memblender buah dan es batu secara bersamaan. Padahal, jika buah diblender tanpa es batu kemudian didinginkan dalam lemari es, hasilnya akan lebih enak dan aromanya pun lebih segar.

BACA JUGA:

Survei Membuktikan, Pizza Jadi Makanan Favorit untuk Kencan Kilat!

RESEP NENEK: Gulai Nangka atau Gulai Kapau, Keduanya Nikmat untuk Santap Siang

Sajikan jus selagi dingin

Setelah selesai mengolahnya, jangan lupa untuk menyajikan jus dalam keadaan dingin. Selain membuat jus terasa lebih segar, suhu rendah juga membantu vitamin C yang terkandung dalam jus tetap memiliki kualitas yang baik.

 

Tambahkan garnis

Ingin menyajikan jus untuk tamu atau keluarga di rumah? Jangan pelit untuk menambahkan garnish seperti potongan buah-buahan, daun mint, atau stroberi di atasnya.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini