Share

Enggak Doyan Pepaya? Ini 7 Makanan Enak yang Bisa Jadi Solusi saat Alami Gangguan Pencernaan

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017 05:14 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 08 298 1752068 enggak-doyan-pepaya-ini-7-makanan-enak-yang-bisa-jadi-solusi-saat-alami-gangguan-pencernaan-TaJCrEZJGS.jpg Makan wortel (Foto: Wellbeingsecrets)

SEDANG sibuk-sibuknya melakukan aktivitas rutin sehari-hari, siapa sih yang tidak akan merasa sebal jika harus dipusingkan dengan masalah pencernaan yang tidak lancar?

Pencernaan yang tidak lancar, dapat menimbulkan rasa sakit atau rasa tidak keruan pada perut, yang akhirnya membuat diri tidak nyaman untuk beraktivitas. Gangguan pencernaan yang berujung dengan susah buang air besar ini sendiri biasanya, kerap terjadi karena mengonsumsi makanan atau minuman yang salah, hingga kurangnya kandungan serat dalam asupan makanan yang dikonsumsi.

Jika Anda termasuk salah satu orang yang sering mengalami masalah gangguan pencernaan tersebut, sebaiknya jangan dulu terburu-buru untuk langsung menenggak obat pencahar. Ketimbang langsung meminum obat, lebih baik segera konsumsi sederet makanan yang disebutkan dalam artikel di bawah ini untuk membantu melancarkan pencernaan. Apa saja deretan makanan tersebut? Baca ulasannya di bawah ini.

 BACA JUGA:

Oat 

Tahukah bahwa semangkuk kecil atau 1 cup kecil (sekitar 90 gram) oat, sudah mengandung sekitar 2 gram kandungan serat yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Bayam 

Selain tinggi akan kandungan zat besi, sayuran bayam juga mengandung nutrisi seperti fiber alias serat dan zat magnesium yang membantu untuk menyeimbangkan peredaran cairan dan kontraksi otot-otot dalam tubuh sehingga sistem pencernaan akan menjadi lebih lancar.

Buah beri 

Buah-buahan beri seperti stroberi, raspberry, dan bluberi disebutkan sangat tinggi mengandung serat sehingga membantu mendorong tumpukan makanan di sistem pencernaan.

Popcorn

1 cup atau sekitar 100 gram popcorn, diketahui mempunyai kandungan 1 gram serat. Dengan catatan, dimakan dengan tanpa perasa tambahan seperti garam atau saus karamel ya!

Pir

Buah satu ini bisa dijadikan sebagai salah satu solusi untuk membuat pencernaan agar lebih lancar, karena buah satu ini disebutkan hadir dengan kandungan serat yang tinggi. Makanlah buah pir bersamaan dengan kulitnya, agar serat yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih maksimal. Cara ini setidaknya akan membuat perut lebih ringan, karena sistem pencernaan akan dibersihkan secara efektif.

BACA JUGA:

Mencengangkan! Belasan Narapidana Berhasil Kabur dari Penjara Menggunakan Selai Peanut Butter!

FOOD STORY: Serba-Serbi Nasek Ampog Makanan Utama Masyarakat Madura & Resep Lengkapnya

Wortel 

Untuk sayuran satu ini, sebaiknya dikonsumsi langsung tanpa dimasak atau dimasukkan sebagai salah satu isian salad. Karena jika dimasak terlalu lama, seperti dikutip Timesofindia, Rabu (9/8/2017) akan malah membuat kandungan serat di dalamnya menjadi berkurang.

Apel 

Bukan rahasia lagi jikalau buah satu ini punya kandungan serat yang tinggi, sehingga selain membantu untuk melancarkan sistem pencernaan juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan cantik.

(dno)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini