nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sungai Bah Bolon di Pematang Siantar Mendadak Berwarna Merah Muda

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 16:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 08 08 406 1751995 sungai-bah-bolon-di-pematang-siantar-mendadak-berwarna-merah-muda-ZEZXFFByiV.jpg Sungai Bah Bolon (Foto: Instagram)

SEBUAH sungai di Pematang Siantar, Sumatera Utara mendadak berubah warna menjadi merah muda pada Senin siang. Sekilas memang tampak unik, namun hal ini membuat penduduk setempat menjadi heboh.

Sungai Bah Bolon yang terletak di Jalan DI Panjaitan, Kelurahan Naga Huta, Kecamatan Siantar Selatan, Kota Pematang Siantar, Sumatera Utara ini berubah menjadi merah muda dalam aliran sepanjang 10 kilometer. Warga pun banyak yang mengabadikan kejadian tak biasa ini.

Baca Juga: UNCOVER INDONESIA: Seribu Godaan Wisata Lahat dan Buah Tangannya nan Unik

Berubahnya warna air Sungai Bah Bolon di Sumatera Utara ini pun menarik perhatian warga dan pengguna jalan. Pasalnya, Sungai Bah Bolon terletak di dekat jalan raya dan dilintasi oleh kendaraan yang berlalu lalang di Jalan DI Panjaitan.

“Dari tadi pagi mau jam 9 sudah mulai. Cuma asal-usulnya kita enggak tahu dari mana. Rasanya biasa saja,” ujar salah seorang warga bernama Tejo seperti dikutip dari tayangan Seputar Indonesia, Selasa (8/8/2017).

Baca Juga: Kalibiru! Paduan Sempurna Bukit Manoreh, Waduk Sermo & Ombak Pantai Selatan

Uji laboratorium untuk mengetahui perubahan warna aliran sungai pun telah dilakukan oleh petugas terkait di Pematang Siantar. Hal ini pun cukup membuat penduduk khawatir, terlebih Sungai Bah Bolon juga dikenal sebagai salah satu sungai yang memiliki aliran air deras dan dimanfaatkan untuk kegiatan seperti rafting.

Baca Juga: Wow! 30 Juta Kelelawar Terbang bak Angin Tornado Raksasa di Langit Kota Austin

Warna merah muda yang terjadi di Sungai Bah Bolon mengalir sejauh 10 kilometer hingga bercampur dengan aliran sungai lain. Foto-foto Sungai Bah Bolon berwarna merah muda pun dengan cepat dibagikan ke media sosial seperti Instagram.

Warna merah muda yang terlihat di aliran Sungai Bah Bolon sangat pekat dan merata. Dalam sungai kecil itu, warna air terlihat seperti Danau Hiller di Australia yang berwarna pink.

Sungai Bah Bolon yang dikenal sebagai lokasi untuk rafting juga dikenal memiliki pemandangan yang menarik layaknya Green Canyon di Pangandaran. Namun aliran sungai warna merah muda ini berada di bagian aliran bawah yang artinya bukan lokasi rafting.

Baca Juga: SHARE LOC: Taman Nasional Meru Betiri, Spot Terbaik bagi Pencinta Alam

Meski belum diketahui secara pasti penyebabnya, namun warna merah muda ini diyakini terjadi karena tercemar limbah. Seperti dikutip dari Sindonews, ada warga yang menemukan bungkusan dengan isi semacam pewarna untuk kain ulos.

(vin)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini