nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengabdikan Diri pada Lingkungan, Wanita dari Suku Boishnoi Wajib Menyusui Anak Rusa

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017 10:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 08 08 406 1752146 mengabdikan-diri-pada-lingkungan-wanita-dari-suku-boishnoi-wajib-menyusui-anak-rusa-blT8v6q699.jpg Ilustrasi Rusa (foto: Gangadharan Menon)

SETIAP suku yang ada di sebuah negara memiliki adat istiadat, ritual keagamaan, budaya dan kepercayaan yang menjadi identitas mereka dan membedakan mereka dengan suku lainnya yang berasal dari negara yang sama atau dari negara lainnya.

Kebudayaan yang berlainan tersebut membuat wisatawan tertarik untuk datang berkunjung dan penasaran dengan kehidupan yang mereka jalani. Salah satu suku yang sangat berbeda dengan suku lainnya yang ada di dunia yaitu Bisnois.

(Baca Juga: Dubai Akan Bangun Rumah Apung dengan Pemandangan "Kandang" Kuda Laut)

(foto: Gangadharan Menon)

Mereka sangat membaktikan diri pada lingkungan dan konservasi satwa liar. Berada di daerah Rajasthan, Suku Bishnois memelihara dan melindungi spesies yang ditemukan di sekitar mereka selama lebih dari lima abad. Fauna yang mereka lindungi merupakan korban dari pemburu yang sengaja menjebak hewan-hewan tersebut dan yang memang hidup bebas di alam.

(Baca Juga: 4 Kolam Rahasia, Ada yang Berusia 12 Ribu Tahun Lho!)

Suku Bishnois menganggap pepohonan sebagai hal yang suci, dan tidak hanya itu, mereka juga sangat berempati dengan semua makhluk hidup yang hidup di bumi. Mereka melindungi seluruh ekosistem yang ada di desa.

Hewan seperti blackbucks, chinkaras, burung-burung pemakan bangkai, burung layang-layang, burung merak terancam punah di India, kemudian semua burung itu menemukan desa Bishnoi yang aman.

(foto: Gangadharan Menon)

Sebab, penduduk desa tidak hanya melindungi mereka dari pemburu liar, tapi juga secara aktif berpartisipasi dalam membantu hewan-hwan menjalani kehidupan yang lebih baik, sehingga tidak lagi berstatus terancam punah.

(Baca Juga: Buruan Menginap di Hotel Es Swedia Sebelum Mencair Lho!)

Binatang-binatang seperti rusa dibiarkan merumput dengan bebas di lahan pertanian mereka, Suku Bishnois juga menyediakan wadah dekat rumah mereka yang berisi air, dan menggantung panci berisi air juga di cabang pohon agar burung-burung dapat minum di sana, dikutip dari Thebetterindia, Rabu (9/8/2017).

Beberapa waktu lalu, seorang ibu dari Suku Bishnois membuat kabar yang mencengangkan dunia. Pasalnya, ia menyusui seekor rusa! Bagi kepercayaan yang mereka yakini memang rusa dianggap sebagai hewan yang suci dan para wanita Suku Bishnoi akan menyusui anak-anak rusa.

Kepercayaan mereka menyatakan, para wanita memiliki kewajiban membesarkan rusa. Jadi, ketika wisatawan mengunjungi desa ini, janganlah kaget jika melihat anak manusia dan anak rusa tengah menyusu asi bersama-sama.

(Baca Juga: Mau Berenang Bareng Ubur-Ubur, Yuk ke Pulau Palau!)

(foto: Gangadharan Menon)

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini