ASTAGA! Hati Perempuan Ini Membesar 8 Kali Lipat Setelah Cairan Memasuki Tubuhnya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 08 481 1751656 astaga-hati-perempuan-ini-membesar-8-kali-lipat-setelah-cairan-memasuki-tubuhnya-zIUQXrLyAh.jpg Pembesaran Hati (Foto: LiveScience)

DIANGGAP hamil, perempuan ini ternyata hanya mengidap penyakit langka. Adalah Murray, perempuan berasal dari Queensland, Australia. Perutnya membesar setelah cairan ini memenuhi tubuhnya. Khususnya pada bagian hati.

Penyakit turunan yang dia derita adalah polycystic kidney disease (PKD). Penyakit tersebut membuat hatinya membesar 8 kali lipat dari kondisi normal hati manusia pada umumnya. Selain berisi cairan, hati Murray juga diketahui ditumbuhi kista jinak.

Murray menceritakan, selama 7 tahun, dirinya menunggu pendonor yang dengan suka rela membagikan hatinya untuk dia. Kondisi perutnya yang besar seperti sedang hamil, membuat tubuhnya makin lama makin melemah. Sampai akhirnya 2014 Murray pun bisa menjalani operasi transplantasi hati dari salah seorang pendonor.

(Baca Juga: Minum Teh Hijau Habis Sarapan dan Makan Siang Bikin Perutmu Langsing dengan Cepat!)

Operasi pun dilakukan. Dokter yang menangani Murray akhirnya mengeluarkan anggota tubuhnya yang bermasalah itu. Ketika dikeluarkan, hati Murray yang asli dideskripsikan oleh dokter luar biasa besar. Dengan berat mencapai sekitar 12 kilogram, hatinya itu membesar delapan kali lipat dari hati normal yang rata-rata hanya sekitar 1,5 kg.

 (Baca Juga: WASPADA! Kutu Kasur Bisa Sebabkan Alergi, Cemas hingga Anemia)

Bila kondisi tersebut dibiarkan, dikutip dari Live Science, Murray bisa saja mengalami kegagalan hati yang fatal. Yang bisa saja menewaskan tubuhnya sendiri. Dokter juga menjelaskan, 7 tahun masa sulit Murray pun sudah menjadi beban tersendiri bagi perempuan tersebut.

Murray sendiri karena merasa telah diselamatkan oleh pendonor, dia memilih untuk mendonasikan hati aslinya itu ke sekolah dokter di Integrated Pathology Learning Centre, University of Queensland. Murray berharap hati itu dapat menjadi sampel penting bagi para peneliti.

 (Baca Juga: Terungkap! Rahasia Diet Hiper Kalori ala Neymar Jr)

"Ini adalah cara saya untuk berbagi dan berkontribusi pada ilmu pengetahuan," kata Murray.

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini