nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ingin Langsing? Konsumsi 8 Makanan Ini Anda Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 13:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 08 08 481 1751811 ingin-langsing-konsumsi-8-makanan-ini-anda-meningkatkan-metabolisme-tubuh-Re8esV3vD9.jpg Ilustrasi (Foto: Ndtv)

SISTEM metabolisme tubuh memegang peranan penting bagi kesehatan. Metabolisme adalah proses biokimia yang kompleks di mana tubuh mengekstrak kalori dari makanan yang dikonsumsi dan menggabungkannya dengan oksigen untuk menghasilkan energi.

Energi ini kemudian digunakan oleh tubuh untuk menopang dirinya sendiri melakukan berbagai fungsi seperti sirkulasi darah, pernapasan, pencernaan makanan, menjaga keseimbangan hormon, pertumbuhan dan perbaikan sel.

(Baca Juga: Rajin Makan Sayuran Hijau Efektif Cegah Anemia Lho)

Tingkat metabolisme berbeda pada setiap orang. Tidak selamanya tubuh bisa bermetabolisme secara sempurna. Untuk itu, perlu dilakukan sejumlah cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Selain olahraga, ada juga makanan yang bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

(Baca Juga: Rajin Berolahraga Bikin Awet Muda Loh)

Dilansir dari Ndtv, Selasa (8/8/2017), inilah makanan-makanan yang bisa membantu kerja sistem metabolisme karena berfungsi meningkatkan tingkat energi dan membantu memperbaiki fungsi metabolik;

1. Makanan yang mengandung vitamin D

Kekurangan vitamin D dapat memperlambat metabolisme Anda. Apabila Anda jarang terpapar sinar matahari, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D seperti ikan, telur, tahu, susu kedelai dan jamur.

(Baca Juga: 5 Efek Samping Makan Alpukat yang Tidak Anda Sadari)

2. Makanan mengandung air

Menurut sebuah penelitian, tubuh yang tenang dan terhidrasi dengan baik bisa mempertahankan tingkat metabolisme yang tinggi. Untuk itu penting untuk menyeimbangkan cairan dalam tubuh. Makanan yang bisa dikonsumsi antara lain semangka, melon, dan mentimun.

3. Susu dan yogurt

Sebuah penelitian mengungkapkan mengonsumsi kalsium secara teratur membantu tubuh memetabolisme lemak secara efisien. Kalsium sendiri bisa didapatkan dari susu. Tak hanya, yogurt juga bisa membantu metabolisme karena mengandung banyak probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

4. Teh hijau dan kopi

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition, mengonsumsi ekstrak kafein dan teh hijau membakar lebih banyak kalori. Teh hijau juga mengandung senyawa tanaman yang disebut EGCG yang membantu dalam membakar lemak.

5. Sayuran hijau

Makanan yang kaya mineral, protein, dan zat besi yang berasal dari sayuran hijau meliputi asparagus, brokoli, bayam, dan alpukat memberi lebih banyak energi untuk tubuh guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

(Baca Juga: Ibu Hamil Mulai Tak Nafsu Makan? Hati-Hati Terkena Anemia!)

6. Ikan

Ikan mengandung omega-3 yang meningkatkan metabolisme tubuh secara signifikan. Minyak ikan bisa meningkatkan kadar enzim pembakaran lemak di tubuh.

7. Lentil

Lentil adalah sumber protein, karbohidrat, dan serat yang sangat membantu pencernaan. Kandungan zat besi memudahkan aliran oksigen ke seluruh tubuh untuk meningkatkan metabolisme dan produksi energi. Selain itu, sertakan juga biji-bijian dalam makanan Anda yang berfungsi menambahkan energi ekstra untuk memecah, mencerna, dan membakar lemak.

8. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang almond, kacang Brazil, kenari, dan pistachio adalah sumber protein yang memiliki efek termis tinggi sehingga membuat tubuh membakar lebih banyak lemak untuk mencernanya. Biji bunga matahari dan biji rami juga membantu meningkatkan metabolisme.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini