nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Alasan Utama untuk Tidak Membawa Ponsel ke Tempat Tidur, Bikin Depresi Salah Satunya!

Tiara Putri, Jurnalis · Selasa 08 Agustus 2017 19:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 08 08 481 1752057 7-alasan-utama-untuk-tidak-membawa-ponsel-ke-tempat-tidur-bikin-depresi-salah-satunya-e8JRpkmcLu.jpg Insomnia (Foto: Ist)

MASIH banyak orang yang memiliki kebiasaan untuk membawa ponsel mereka ke tempat tidur sebelum beristirahat. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari sekadar mengecek aplikasi media sosial, bermain games, hingga menyelesaikan pekerjaan karena diburu deadline. Kebiasaan ini membawa sejumlah efek negatif terhadap tubuh. Maka dari itu, Anda sebenarnya tidak dianjurkan untuk membawa ponsel ke tempat tidur.

Dilansir dari House Beautiful, Selasa (8/8/2017), inilah beberapa efek yang ditimbulkan ketika membawa ponsel ke tempat tidur;

Ponsel membuat Anda lebih sulit terlelap dan mengurangi kualitas tidur

Ponsel memancarkan cahaya buatan yang membuat otak menghasilkan hanya sedikit melatonin, bahan kimia yang membantu Anda tertidur dan mengatur siklus tidur. Walaupun tingkat kecerahan layar sudah Anda kurangi, hal itu tetap memengaruhi ritme sirkadian tidur. Akibatnya mata Anda menjadi sulit terpejam padahal waktu tidur sudah tiba. Sebuah studi lain mengatakan walaupun Anda akan tetap tertidur usai memainkan ponsel, kualitas tidur Anda berkurang. Anda tetap merasa kelelahan saat membuka mata keesokan harinya.

Ponsel menyimpan bakteri lebih banyak dari toilet

Bukan hanya ke tempat tidur, ponsel juga dibawa oleh setiap orang ke setiap tempat yang dikunjunginya, entah toilet, tempat pembuangan sampah, jalan raya, dan masih banyak lagi. Hal itu memperbesar kemungkinan bakteri menempel di ponsel Anda. Membawa ponsel ke tempat tidur tanpa membersihkannya terlebih dahulu bisa menyebabkan bakteri masuk ke tubuh selagi Anda tertidur. Bakteri yang masuk bisa menginfeksi tubuh.

Ponsel membuat orang rentan alami depresi

Menurut sebuah penelitian dari Universitas Baylor, orang yang sering menggunakan ponsel mereka lebih rentan mengalami kemurungan dan perilaku temperamental. Hal itu dikarenakan mereka cenderung membandingkan dirinya dengan orang lain di media sosial sebelum tertidur. Ketika mereka terbangun, pikiran mengenai perbandingan itu masih membayanginya.

Ponsel menyebabkan nomophobia

Anda mungkin asing mendengar istilah ini. Nomophobia adalah ketakutan yang timbul dalam diri seseorang bila mereka hidup atau beraktivitas tanpa menggunakan ponsel. Untuk mencegah hal ini, cobalah mematikan ponsel setidaknya satu kali sehari dan letakkan ponsel kira-kira 5-10 meter dari tempat tidur.

Ponsel menyebabkan kerusakan mata

Setelah seharian lelah bekerja karena menatap layar komputer atau pun menonton TV, mata Anda memerlukan istirahat. Apabila Anda tetap membawa ponsel ke tempat tidur dan terus menatapnya hal itu menyebabkan mata menjadi kering, penglihatan kabur, sakit kepala, dan masih banyak lagi.

Ponsel memancarkan radiasi yang berbahaya bagi otak

Hingga kini memang belum terlalu jelas efek radiasi ponsel pada otak, apakah menyebabkan kanker otak atau tidak. Tapi, akan lebih baik apabila Anda mencegah hal berbahaya pada otak Anda akibat sinar radiasi dari ponsel. Usahakan jangan meletakkan ponsel di samping kepala atau di bawah bantal saat ingin pergi tidur.

Ponsel bisa menyebabkan kebakaran

Seringkali orang tanpa sadar tertidur padahal aplikasi permainan atau pemutar video dan musik masih menyala. Aplikasi-aplikasi yang dibiarkan menyala itu bisa membuat ponsel menjadi terlalu panas yang pada akhirnya bisa terbakar. Hal ini tentunya bukan hanya membahayakan kesehatan tubuh tapi juga mengancam keselamatan nyawa Anda.

1 / 8

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini