Lupakan Saus Botolan & Mustard, Sederet Saus Ini Punya Rasa yang Tidak Kalah Nikmatnya

Devi Setya Lestari, Jurnalis · Rabu 09 Agustus 2017 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2017 08 09 298 1752483 lupakan-saus-botolan-mustard-sederet-saus-ini-punya-rasa-yang-tidak-kalah-nikmatnya-6Kp6yXtu9b.jpg Aneka saus dari berbagai negara (Foto:Ist)

SAUS botolan sering diandalkan sebagai penyedap makanan. Padahal saus botolan punya rasa yang dominan dan cenderung merusak rasa asli makanan. Belum lagi kandungan bahan pengawetnya yang terbukti tidak baik untuk kesehatan.

Dilansir dari Mashed, Rabu (9/8/2017) berbagai saus sebenarnya punya rasa yang tak kalah lezat dan bisa disandingkan dengan berbagai makanan. Intip dan coba buat di rumah sebagai rasa baru untuk memanjakan lidah. Apa saja saus itu?

BACA JUGA:

Ini 4 Saus Cocolan Paling Populer di Belahan Dunia

RESEP PILIHAN: Bosan Saus Sambal, Bikin Chunky Guacamole untuk Saus Cocolan

Mango BBQ sauce

Saus barbeku acap kali digunakan saat mengolah masakan yang dipanggang entah itu daging, ayam ataupun sayuran. Saus barbekyu ternyata bisa digantikan dengan saus mangga. Untuk membuatnya nulailah dengan menumis bawang merah, bawang putih dan mangga secara bersama-sama. Kemudian tambahkan pasta cabai, saus tomat, gula merah dan cuka apel. Proses dalam food processor hingga benar-benar halus dan sajikan dengan makanan panggang favorit Anda.

Sriracha Soy-ketcup

Sriracha adalah bumbu legendaris yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Sebuah merek dagang produsen saus sriracha bahkan menjual produknya sebanyak 20 juta botol pertahun. Cobalah buat saus racikan sriracha hasil sendiri. Campur saus sriracha, gula merah dan kecap asin, aduk hingga rata dan jadikan saus pelengkap pada hot dog, hamburger atau cocolan kentang goreng.

Peppercorn shallot mayo

Mayones sering kali mendapat cemooh dari orang yang tengah menjalani proses diet karena kandungan lemak yang snagat tinggi. Tapi tetap saja mayones jadi saus andalan pada beberapa jenis makanan. Mayones bisa jadi saus cocolan yang lezat jika diolah menjadi kreasi yang berbeda. Campur mayones dengan bawang merah cincang, tarragon, merica dan perasan jeruk lemon serta garam. Aduk rata dan sajikan sebagai saus cocolan.

BACA JUGA:

Ini 4 Saus Cocolan Paling Populer di Belahan Dunia

RESEP PILIHAN: Cari Saus Cocolan Nacos, Bikin Guacamole Sendiri di Rumah

Basil Honey dressing

Daun basil memiliki aroma dan rasa yang khas dan cocok jadi padu padan berbagai makanan. Cobalah buat saus dengan memanfaatkan daun basil. Mulailah dengan menghaluskan daun basil, madu, minyak zaitun, cuka dan sedikit garam. Tuang dalam wadah dan sajikan untuk berbagai saus, hmm pasta juga nikmat lho disandingkan dengan saus ini.

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini